oleh

Jumlah Kematian Akibat Covid-19 di AS Tembus 500.000

PortalMadura.Com – Amerika Serikat melampaui setengah juta kematian akibat Covid-19 pada Senin di tengah pergulatan dengan pandemi.

Secara keseluruhan, Universitas Johns Hopkins mencatat 500.071 kematian terkait dengan komplikasi Covid-19 dan lebih dari 28 juta kasus.

Presiden AS Joe Biden telah memerintahkan semua bendera di negara itu diturunkan menjadi setengah tiang selama lima hari untuk memperingati nyawa yang hilang karena virus.

Bendera di atas Gedung Putih juga terlihat berkibar setengah tiang pada Senin sore, dan Biden dijadwalkan berpidato pada malam harinya.

AS telah memperlambat infeksi virus dengan kasus harian dan kematian menurun secara bertahap setelah mencapai titik tertinggi sepanjang masa pada awal Januari.

Lebih dari 56.000 kasus dilaporkan pada Minggu, turun secara dramatis dari hampir 300.000 yang tercatat pada 2 Januari.

Sementara itu, 1.249 kematian juga tercatat pada Minggu. Meskipun angkanya mengejutkan, jumlah ini jauh berbeda dari pertengahan Januari ketika sekitar 4.000 kematian terjadi setiap hari.

Penurunan tersebut terjadi karena AS telah mendistribusikan lebih dari 75 juta dosis dari dua vaksin yang telah disetujui oleh Administrasi Obat dan Makanan untuk penggunaan darurat.

Menurut data Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, lebih dari 64 juta dosis telah disuntikkan.

Negara Bagian California mencatat jumlah kematian dan infeksi tertinggi, dengan lebih dari 49.000 kematian dan lebih dari 3,5 juta kasus.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : AA

Komentar