oleh

Jumlah Siswa Minim, Ada SMP Tak Bisa Gelar UNBK Mandiri

PortalMadura.Com, Pamekasan – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) rencananya akan digelar mulai tanggal 20 sampai 23 April 2020. Termasuk di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur.

Kasi Pembelajaran Dinas Pendidikan (Disdik) Pamekasan, Muhammad Sadikun menjelaskan, berdasarkan data sekolah untuk tingkat SMP yang akan menggelar UNBK tahun 2020 di daerahnya sebanyak 375 sekolah, dengan rincian 183 SMP negeri swasta dan 192 Madrasah Tsanawiyah (MTs) negeri swasta.

“Dari 375 ini, ada 89 SMP yany menyelenggarakan secara mandiri dan ada 135 MTs negeri swasta yang menyelenggarakan (UNBK, red) secara mandiri. Untuk menyelenggarakan UNBK secara mandiri minimal memiliki 20 siswa dan terakreditasi,” terangnya, Kamis (5/3/2020).

Sadikun menambahkan, banyak sekolah yang tidak bisa melaksanakan UNBK mandiri, tidak hanya MTs tetapi juga ada SMP. Bahkan ada SMP negeri yang harus bergabung dengan sekolah lain lantaran siswanya kurang dari 20 orang.

Baca Juga: Berburu Bonus Awet Muda dan Kesehatan di Dua Lokasi Wisata Sumenep

“Sekolah yang tidak bisa melaksanakan UNBK secara mandiri itu bisa menyelenggarakan di sekolahnya sendiri, alat-alatnya disediakan di sekolah. Hanya status di UNBK-nya itu bergabung dengan sekolah yang memenuhi syarat,” tandasnya.

Menurutnya, persiapan UNBK tingkat SMP saat ini masuk pada tahapan simulasi, yakni latihan mengerjakan soal secara serentak meliputi mata pelajaran Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Matematika dan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) serta uji perangkat komputer yang akan digunakan siswa.(*)

Penulis : Marzukiy
Editor : Salimah
Tirto.ID
Loading...

Komentar