PortalMadura.com

Juri Tiap Tahapan Berbeda, Forwapar Sumenep Janji Lahirkan Duta Wisata Berkualitas

  • Minggu, 15 Oktober 2017 | 22:06
Juri Tiap Tahapan Berbeda, Forwapar Sumenep Janji Lahirkan Duta Wisata Berkualitas
Peserta Tes Tulis Duta Wisata Sumenep, Minggu (15/10/2017)

PortalMadura.Com, Sumenep – Panitia Pemilihan Duta Wisata Sumenep 2017 yang diadakan oleh Forum Wartawan Pariwisata (Forwapar) Sumenep, Madura, Jawa Timur, menerapkan pergantian tim juri disetiap tahapan.

“Pergantian tim juri (penilai) dalam upaya menghindari kecurigaan adanya peserta titipan, sekaligus ingin melahirkan Duta Wisata yang benar-benar berkualitas,” kata Ketua Forwapar Sumenep, Hartono, Minggu (15/10/2017).

Dijelaskan, pada tahap seleksi administrasi ada tim khusus yang dibentuk oleh Forwapar. Mereka bertugas hanya untuk melakukan pengecekan kelengkapan persyaratan. “Mereka yang tidak lengkap otomatis tidak bisa ikut tes tulis,” terangnya.

Pada tahap tes tulis, juga dibentuk tim lain (beda orang). Tugasnya, membuat soal-soal dan memberi nilai. “Nilai itu disetor pada panitia bentukan Forwapar. Dan tim pembuat soal dan yang memberi nilai itu tidak lagi bertugas pada tahap berikutnya. Pada tahap tes tulis tentu sudah ada yang tereliminasi,” urainya.

Tahap berikutnya adalah tes wawancara dan tes psikologi. Pada tahap ini, juga didatangkan tim juri yang mempunyai kemampuan dan sesuai dengan kapasitasnya masing-masing. Misalnya, bidang bahasa inggris, bahasa daerah (Madura) dan bahasa Indonesia serta psikologi.

Hari Jadi Sumenep

Baca: Pemkab Sumenep Apresiasi Proses Pemilihan Duta Wisata 2017

“Ditahap ini, peserta harus benar-benar siap dan menguasai tiga bahasa serta materi wisata, seni-budaya, kuliner dan materi lain yang berkaitan dengan dunia kepariwisataan serta potensi lain yang ada di Sumenep,” jelasnya.

Bagi peserta yang lulus pada tahap tersebut, baru masuk sebagai finalis. Lalu, mereka akan menjalani karantina yang didalamnya pemberian materi wisata, praktek lapangan sekaligus penampilan bakat yang juga bagian dari penilaian tim juri.

Untuk menentukan juara Duta Wisata 2017, Forwapar Sumenep akan menghadirkan tim juri bertaraf nasional. Tim ini akan dihadirkan pada grand final pemilihan Duta Wisata Sumenep 2017.

“Hasil penilaian tim juri di grand final akan diakumulasikan dengan nilai semua tahapan sebelumnya. Baru akan lahir juara Duta Wisata Sumenep 2017,” tandasnya.(Putri)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional