oleh

Kapal “Rongsokan” Milik Pemkab Sumenep Bakal Dioperasikan Lagi

PortalMadura.Com, Sumenep – KM Dharma Bahari Sumekar II, milik Pemkab Sumenep, Madura, Jawa Timur yang telah empat tahun mangkrak dan dibiarkan karat seperti barang rongsokan di Pelabuhan Kalianget, direncanakan bakal dioperasikan kembali oleh PT Sumekar Line yang merupakan operatornya.

Kapal Milik Pemkab tersebut rencana akan melayani rute Kalianget-Sapudi-Jangkar Situbondo dan sebaliknya. Sebelum mangkrak, kapal tersebut melayani angkutan barang dan penumpang dirute Kalianget-Kangean.

“Kondisi DBS II dinyatakan bagus dan tidak bermasalah untuk melakukan pelayaran, hanya saja perlu menjalani docking sebelum dioperasikan kembali,” ungkap Humas PT Sumekar Line Sumenep, Ach Novel, Sabtu (14/5/2016).

Sejak 2012, KM DBS II mangkrak di Pelabuhan Kalianget, bahkan Kapal milik Pemkab Sumenep itu dibiarkan karat dan menjadi barang rongsokan.

Loading...

“Dalam waktu dekat, kami akan audiensi dengan Bupati terkait rencana pemanfaatan KM DBS II sekaligus akan mengusulkan subsidi anggaran untuk operasional dan perbaikan Kapal di Perubahan APBD Tahun Anggaran 2016 ini,” terangnya.

Novel menyampaikan, PT Sumekar Line sudah memiliki draf anggaran yang dibutuhkan, hanya saja masih belum bisa dipublikasikan sebelum disampaikan ke Bupati Sumenep.

“Rencananya, rute pelayaran KM DBS II tidak lagi Kalianget-Kangean, namun dilintasan Kalianget, Sapudi, dan Jangkar sebab spesifikasi Kapal lebih pada angkutan barang,” ucapnya.

Ia menegaskan, pindahnya rute tersebut lantaran di rute Kalianget-Kangean membutuhkan biaya operasional ang sangat besar, tidak berbanding lurus dengan pendapatan.

“Makanya kami akan mencoma dirute Kalianget, Sapudi, dan Jangkar. Karena diprediksi tidak memerlukan biaya operasional yang cukup besar,” tukasnya. (arifin/choir)



whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar