Kawista, Buah Dengan Rasa Yang Unik Simpan Banyak Manfaat Untuk Tubuh

Avatar of PortalMadura.com
Rasanya Yang Unik, Buah Kawista Simpan Banyak Manfaat Untuk Tubuh
Ilustrasi (pinterest.com)
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Buah kawista (Aegle marmelos) banyak ditemukan di sebagian besar negara Asia Tenggara. Buah ini berukuran seperti buah jeruk dengan kulit yang keras berwarna kuning keabu-abuan, daging berwarna oranye muda atau cokelat karamel, dan aroma yang harum seperti pisang.

Buah kawista memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. karena mengandung vitamin B, magnesium, zinc, tembaga, dan zat besi dan antioksidan yang dipercaya dapat meningkatkan kesehatan dan melawan berbagai penyakit.

Dilansir dari laman Alodokter.Com, Rabu (31/3/2021), berikut manfaat buah kawista:

Menurunkan Tekanan Darah

Ekstrak buah ini diketahui bisa meningkatkan pembuangan cairan tubuh yang berlebih melalui buang air kecil. Cara kerja ini sama dengan cara kerja salah satu jenis obat penurun tekanan darah diuretik yang umum dipakai. Jadi, buah kawista mungkin bisa menjadi pilihan buah yang baik untuk penderita hipertensi.

Baca Juga:  Bersama PDIP dan SAI, Pendaftar Operasi Mata Katarak Gratis Tembus 348 Orang

Membuat Kulit Lebih Sehat

Buah kawista mengandung banyak vitamin C, yaitu vitamin yang dapat merangsang pembentukan kolagen di kulit. Selain itu, antioksidan dalam buah ini juga dapat melindungi sel kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Menurunkan Demam

Ekstrak buah kawista memiliki potensi untuk meredakan demam dan peradangan. Meski khasiat yang sama belum ditemukan pada konsumsi buah kawista secara langsung, tidak ada salahnya mengonsumsi buah ini sebagai sumber nutrisi dan antioksidan ketika demam.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kandungan senyawa aktif dalam ekstrak buah ini terbukti dapat memberikan efek perlindungan terhadap infeksi bakteri berbahaya di saluran pencernaan, terutama bakteri Shigella dysenteriae penyebab diare, demam, dan sakit perut.

Menangkal Radikal Bebas

Rutin mengonsumsi teh herbal dari buah kawista dinilai bisa membantu meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh. Dengan begitu, teh ini juga dapat mengurangi risiko terjadinya berbagai penyakit kronis yang disebabkan oleh stres oksidatif.

Baca Juga:  Ambunten dan Lenteng Tertinggi, PMK Merambah Kepulauan Sumenep

Menurunkan Kadar Gula Darah

Teh herbal buah kawista dapat menurunkan kadar gula darah. Meski hasilnya belum signifikan, teh herbal ini bisa menjadi pilihan yang baik untuk Anda konsumsi sebagai upaya menjaga kesehatan, terutama jika Anda memiliki diabetes tipe 2.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.