Kayu Secang Ramuan Mujarab Untuk Kesehatan

Avatar of PortalMadura.com
Kayu Secang Ramuan Mujarab Untuk Kesehatan
Ilustrasi (JaheAzwa.Com)

PortalMadura.Com – Kayu secang adalah kayu yang berasal dari (Caesalpinia Sappan). Pohon secang banyak ditemui di Indonesia terutama di Pulau Jawa. Tak heran, kayu secang banyak diperjual belikan dengan mudah di Indonesia sebagai ramuan tradisional untuk kesehatan tubuh.

Kayu secang yang sering dijadikan sebagai ramuan tradisional memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh. bisa mengatasi beberapa penyakit mulai dari yang ringan hingga yang cukup berat dan sudah diteliti secara ilmiah. Kayu secang mengandung beberapa senyawa penting bagi tubuh, di antaranya adalah Brazilein, Alkaloid, Flavonoid, Saponin, Tanin, Terpenoid, Kardenolin, Fenil Propana, dan Antrakinon.

Berikut yang dilansir dari laman DokterSehat.Com, Rabu (27/5/2020).

Manfaat Kayu Secang

Mengobati Kanker dan Tumor

Manfaat kayu secang yang paling utama adalah bisa mengobati berbagai jenis penyakit kanker dan tumor. Kayu secang memiliki kandungan Kloroform, N-Butanol, dan Metanol air yang memiliki sifat antikanker. Kandungan senyawa-senyawa tersebut bisa menghambat dan menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker dan tumor. Hal ini dikarenakan beberapa senyawa tersebut bersifat toksik bagi sel kanker dan tumor. Galur sel kanker pun bisa dihambat dan akhirnya mati.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Ramuan herbal ini banyak mengandung senyawa Fenolik dan Flavonoid yang memiliki sifat antioksidan. Senyawa-senyawa yang bersifat antioksidan tersebut bisa mencegah sel-sel tubuh Anda dari kerusakan oksidatif. Selain itu, kandungan tersebut juga bisa menghambat pembentukan berbagai radikal bebas.

Mengobati Penyakit Asam Urat

Kayu secang bermanfaat untuk mengobati penyakit asam urat karena memiliki kandungan Sappanchalcone dan Caesalpin P. Kedua kandungan tersebut memiliki sifat anti inflamasi. Sifat anti inflamasi yang ada di dalam kayu secang dapat mengobati penyakit asam urat Anda. Sebagaimana diketahui bahwa penyakit asam urat sangat terkait dengan peradangan di sendi.

Mengatasi Penyakit Diabetes

Manfaat kayu secang juga bisa mengatasi penyakit diabetes. Kayu secang mengandung senyawa yaitu Brazilein yang dapat menurunkan gula darah. Di samping itu, kayu secang juga mengandung beberapa senyawa penting.

Baca Juga: Ini 5 Obat Asam Urat Alami yang terbukti Ampuh

Melancarkan Sistem Peredaran Darah

Setelah meminum herbal behadan dasar secang, Anda seperti merasa lebih segar. Ini dikarenakan salah satu manfaat kayu secang yang dapat merelaksasi pembuluh darah. Pembuluh darah pun menjadi lebih rileks dan aterosklerosisi atau penebalan arteri bisa dicegah dan diatasi. Sistem peredaran darah menjadi lebih lancar. Tentunya, kelancaran sistem peredaran darah memberikan dampak positif pada bagian tubuh lain.

Mengobati Masalah Diare

Manfaat kayu secang bisa mengobati diare karena kayu secang mengandung beberapa zat yang bersifat antidiare. Beberapa zat yang memiliki sifat antidiare tersebut, yaitu Galat, Brazilin, Oscimene, Resin, Resorsin, dan Tanin.

Mencegah Kerusakan Hati

Ramuan herbal ini juga memiliki manfaat mengejutkan lainnya. Manfaat kayu secang bisa mencegah kerusakan hati. Hal ini dikarenakan kayu secang memiliki kandungan senyawa yang diharapkan dapat menghambat kerusakan hati.

Mencegah Penyakit Jantung Koroner

Kandungan antioksidan yang tersimpan di dalam kayu secang tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh saja. Zat-zat yang bersifat antioksidan di dalam kayu secang juga bisa mencegah terjadinya salah satu penyakit berbahaya, yaitu penyakit jantung koroner.

Penyakit jantung koroner bisa dicegah karena zat di dalam kayu secang bisa meredam berbagai radikal bebas. Melalui antioksidan beberapa radikal bebas seperti radikal bebas hidroksil, radikal eroksil, radikal alkoksil, singlet oksigen, hidrogen peroksida, dan anion superoksida bisa dihambat pembentukannya di dalam tubuh dan jantung pun menjadi lebih sehat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.