Kecilkan Pori-pori yang Membesar dengan 6 Cara Ini

Avatar of PortalMadura.com
Editor: Desy Wulandari
Kecilkan Pori-pori yang Membesar dengan 6 Cara Ini
Ilustrasi (Indozone)
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Lubang-lubang kecil yang berfungsi sebagai saluran untuk mengeluarkan minyak dan keringat alami di tubuh disebut pori-pori. Ukuran pori-pori akan berubah membesar karena disebabkan beberapa faktor, seperti minyak, kotoran, debu hingga sisa makeup.

Oleh karena itu, Anda harus rajin untuk membersihkan muka dengan sabun pembersih wajah. Karena jika pori-pori yang tersumbat dengan berbagai kotoran akan membuat kulit rentan terhadap komedo dan menjadi jerawat. Nah, untuk meminimalisir ukuran pori-pori yang membesar, lakukan beberapa cara ini. Apa saja?

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman fimela.com, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisir pori-pori yang membesar:

Gunakan Produk Perawatan Kulit yang Tepat

Pilih produk perawatan kulit yang tepat. Saat akan mengecilkan pori-pori yang membesar, maka produk berlabel noncomedogenic bisa jadi solusi. Jangan lupa untuk lebih cermat dalam memilih kandungan produk. Produk berbahan dasar air akan jadi solusi tepat yang bisa diandalkan. Untuk pori-pori besar dan kulit berminyak, sebaiknya pilihlah produk pembersih wajah berbentuk gel. Sementara itu, untuk kulit normal dan kulit kering, Anda bisa memilih produk pembersih wajah berbentuk krim.

Baca Juga:  Atasi Bintik-bintik di Wajah dengan 6 Cara Ini

Bersihkan Wajah Secara Sempurna

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan memilh produk perawatan kulit yang tepat. Pastikan untuk biasakan lakukan double cleansing, dengan membersihkan wajah ganda. Cara ini sempurna untuk mengangkat sisa makeup dan kotoran yang menyumbat kulit.

Jaga Kelembapan Kulit

Menjaga kelembapan kulit harus diperhatikan. Umumnya, banyak orang yang memilih untuk menghindari penggunaan pelembap wajah akibat kulit yang berminyak. Padahal dengan kulit yang lembap, justru akan menjaga keseimbangannya dengan baik dan menghindari produksi minyak berlebih yang bisa sebabkan pori-pori wajah membesar.

Gunakan Sunscreen

Penggunaan sunscreen juga sempurna untuk melindungi kulit dan juga meringkas pori-pori dengan baik. Hal ini karena paparan sinar matahari bisa merusak kulit serta membuat kulit menjadi kering dan pori-pori pun lebih terlihat. Anda bisa memilih produk tabir surya berbahan dasar air dengan minimal SPF 30 atau lebih tinggi.

Baca Juga:  5 Perbedaan Clay dan Pomade, Kaum Pria Wajib Baca!

Rajin Eksfoliasi Kulit

Cara lainnya yang wajib dilakukan adalah eksfoliasi kulit. Anda bisa lakukan eksfoliasi kulit secara rutin dengan menggunakan scrub lembut setidaknya satu minggu sekali. Cara ini sangat baik dilakukan untuk mengangkat sel kulit mati yang membandel pada kulit.

Gunakan Masker Wajah Secara Rutin

Masker wajah juga perlu dilakukan sebagai upaya untuk mengecilkan pori-pori. Pilih masker yang sesuai dengan kebutuhan kulit, salah satu yang efektif adalah clay mask. Jenis masker ini mampu mengangkat sel kulit mati, kotoran, dan minyak berlebih, sehingga pori-pori terlihat lebih kecil. Anda disarankan untuk menggunakan masker tanah liat 1–2 kali setiap minggu sebagai rutinitas mingguan untuk mengecilkan pori-pori kulit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.