Kegiatan Independence Day Roadshow Akan ke Madura

Avatar of PortalMadura.Com
Joaquin F. Monserrate
Joaquin F. Monserrate

PortalMadura.Com – Kegiatan juga akan dilakukan di Pulau Garam Madura. Perjalanan ke delapan kota di Jawa Timur itu dalam rangka merayakan Kemerdekaan Amerika Serikat dan ingin merasakan pengalaman dari kebudayaan Indonesia, kini tiba di Madiun, Rabu (18/6/2014).

Konsul Jenderal Amerika Serikat di Surabaya Joaquin F. Monserrate, bersama timnya dari Konsulat telah mengunjungi Malang, Blitar, dan Ponorogo. Dalam etape ini, Wakil Duta Besar Amerika Serikat Kristen Bauer, bergabung dengan Konsul Jenderal Joaquin F. Monserrate.

“Luar biasa sekali Ibu Kristen dapat ikut bergabung dalam Roadshow ini untuk mempromosikan pemberdayaan perempuan dan investasi usaha, khususnya di sektor transportasi,” ujar Konsul Jenderal Amerika Serikat Joaquin F. Monserrate, dalam rilisnya yang diterima Redaksi PortalMadura.Com.

Di kota yang terkenal akan kereta api ini, Wakil Duta Besar Amerika Serikat Kristen Bauer dan Konsul Jenderal Amerika Serikat Joaquin F. Monserrate mengunjungi PT. INKA bersama dengan para pejabat dari PT. INKA dan General Electric, rekanan PT. INKA dalam industri perkeretaapian Indonesia, serta bertemu dengan para ahli mesin masa depan di Akademi Pekeretaapian Indonesia.

Usai makan siang bersama perwakilan dari sejumlah LSM di sebuah warung di Madiun, Wakil Duta Besar Amerika Serikat Kristen Bauer menuju kota Ngawi untuk bertemu dengan siswa Pesantren Gontor. Berbicara di depan siswi pesantren, beliau menekankan pentingnya melanjutkan pendidikan tinggi.

“Lebih dari setengah penduduk dunia adalah perempuan, dan mereka turut berpartisipasi secara positif pada pembangunan suatu bangsa. Melalui kerja keras dan pendidikan, perempuan dapat meraih kesuksesan dan saya mendorong semua siswi untuk meraih mimpi mereka,” ungkap Wakil Duta Besar Amerika Serikat Kristen Bauer.

Seorang diplomat karir, Wakil Duta Besar Amerika Serikat Kristen Bauer yang juga ibu dari dua orang anak ini, turut menambahkan bahwa, “Saya sangat menikmati mendengarkan cerita dan perspektif yang dimiliki oleh para siswi di sekolah ini.”

Dalam perjalanan ke Surabaya, Konsul Jenderal Amerika Serikat Joaquin F. Monserrate berhenti di Jombang untuk berziarah ke makam mantan Presiden Indonesia, Gus Dur.

Tahun lalu, Konsulat mengadakan acara untuk memperingati warisan dari Martin Luther King Jr. dan Gus Dur, dua pemimpin yang menekankan pentingnya keberagaman dan toleransi.

Konsul Jenderal Amerika Serikat Joaquin F. Monserrate memberikan dua buah foto, satu tentang MLK dan satu lagi tentang Gus Dur, yang turut dipamerkan dalam acara itu, kepada para pejabat Pesantren Tebuireng.

“Independence Day Roadshow ini adalah contoh terbaik dari diplomasi people to people. Kami menunjukkan akan keuntungan yang diperoleh rakyat Jawa Timur dari Comprehensive Partnership melalui peran serta para relawan, pendidikan, investasi, dan pemberdayaan perempuan,” ujar Konsul Jenderal Amerika Serikat Joaquin F. Monserrate.

Kegiatan Independence Day Roadshow, adalah kegiatan public outreach yang pertama kali dilakukan dalam format ini oleh Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Surabaya. Kegiatan ini akan dilanjutkan ke Madura, sebelum diakhiri dengan perayaan Kemerdekaan Amerika Serikat ke-238 di Surabaya pada 24 Juni 2014.(rls/htn)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.