oleh

Keindahan Masjid Aschabul Kahfi yang Tersembunyi di Perut Bumi

PortalMadura.Com – Masjid merupakan tempat ibadah bagi umat Islam, Selain digunakan sebagai tempat ibadah, masjid juga menjadi pusat aktivitas keagamaan umat muslim, mulai dari kajian agama, hingga tempat belajar Alquran, dan di masa kini masjid juga sering dijadikan sebagai tempat untuk melaksanakan janji suci pernikahan.

Disetiap daerah, masjid memiliki ciri khas dan corak yang berbeda-beda, dan umumnya, bangunan masjid memiliki kubah utama sebagai identitas bangunan dan didirikan diatas permukaan tanah. Namun, tahukah Anda, bahwa ternyata di Indonesia ada sejumlah masjid juga dibangun di bawah tanah. Bujan tanpa alasan, masjid yang dibangun di bawah tanah ini memiliki banyak oretan sejarah. Salah satunya adalah Masjid Aschabul Kahfi yang terhampar megah di tanah Tuban, Jawa Timur.

Sebagaimana dilansir dari travel.okezone.com, Selasa (27/4/2021) Masjid yang tersembunyi di perut bumi ini memiliki keindahan yang sangat memukau. Masjid yang dibangun pada 2002 tersebut pada awalnya adalah sebuah goa yang dipergunakan untuk pembuangan sampah. Seorang pemuka agama bernama KH Shubhan Al Mubarak berinisiatif untuk mengubah tempat tersebut sebagai tempat ibadah sekaligus pesantren.

KH Shubhan Al Mubarak merupakan tokoh yang melatar belakangi pembangunan masjid Aschabul Kahfi. Ia membangun dan merancang sendiri masjid perut bumi karena mendapat mimpi yang berisi pesan gaib dari Syekh Maulana Maghrobi, yang merupakan guru besar para wali di Pulau Jawa, KH. Subhan mengarahkan para tukang untuk membuat masjid sebagaimana arahannya.

Tampak dari depan, masjid ini hanya nampak seperti gapura dengan pintu yang terbuat dari batu, namun saat Anda mulai masuk ke bagian dalam masjid ini, yang harus melalui tangga dari pintu masuk yang menghubungakan ke bangunan utama masjid, Anda akan menyaksikan keindahan dan keunikan sebuah bangunan masjid dengan arnamen alami yang memukau, yaitu batu-batu stalaktit dan stalakmit yang menghias ruangan masjid. Ukiran-ukiran kaligrafi islami yang biasanya berada di dinding masjid.

Di masjid ini terdapat pula pohon unik yang memiliki ciri yang khas seperti di Arab. Jadi, jika Anda berkunjung ke masjid ini Anda akan merasa berada di Arab, di tambah lagi dengan gua yang berwarna cokelat seperti pasir di padang gurun Arab. Keunikan lain masjid yang berada di bawah tanah ini adalah posisi kubah yang sejajar dengan tanah. Namun, justru hal inilah yang menjadi ciri khas dan daya tarik wisatawan untuk berkunjung.

Bagaimana? Anda yang tertarik untuk mengunjungi masjid perut bumi Aschabul Kahfi? Anda bisa datang ke Kompleks Pondok Pesantren Syekh Maulana Maghrobi di Dusun Wire, Kelurahan Gedungombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Rewriter : Fianolita Purnaningtias
Sumber : travel.okezone.com

Komentar