PortalMadura.com

Kekeringan Melanda Pamekasan, Proyek Pipanisasi Rp 600 Juta Dilelang

  • Selasa, 17 Juli 2018 | 09:33
Kekeringan Melanda Pamekasan, Proyek Pipanisasi Rp 600 Juta Dilelang

PortalMadura.Com, Pamekasan – Proyek pipanisasi tahun 2018 untuk meminimalisir bencana kekeringan yang terjadi setiap tahun di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, saat ini sedang dalam proses lelang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pamekasan, Akmalul Firdaus menyampaikan, proyek dengan anggaran Rp 600 juta tersebut diproyeksikan untuk dua tempat, yaitu di Desa Dempo Barat Kecamatan Pasean dan di Desa Pasanggar Kecamatan Pegantenan.

“Kami punya program pipanisasi yang saat ini sedang proses lelang. Anggarannya Rp 600 juta, artinya per desa itu Rp 300 juta,” terangnya, Selasa (17/7/2018).



Menurutnya, kegiatan pipanisasi itu merupakan program jangka panjang dalam meminimalisir kekeringan dengan panjang sekitar satu kilometer sesuai dengan Rencana Anggaran Belanja (RAB). Sehingga bisa menjangkau beberapa dusun atau bahkan desa yang di wilayah sekitar.

“Bisa saja nanti melampaui desa-desa terdekat, artinya daerah sekitar bisa dijangkau juga,” tandasnya.

Ia tidak menampik jika distribusi air bersih yang dilakukan selama ini setiap musim kemarau hanya solusi jangka pendek. Sementara program pipanisasi merupakan program jangka panjang yang diharapkan mampu mengatasi bencana kekeringan di wilayah tersebut. (Marzukiy/Putri)

Loading...
Advertisement
banner300x250

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional