oleh

Kenali 3 Gaya Belajar Anak agar Belajar di Rumah Menyenangkan

PortalMadura.Com – Menerapkan gaya belajar yang tepat tak hanya akan membantu anak lebih mudah memahami pelajaran, tetapi juga membuat situasi belajar menjadi menyenangkan.

Untuk membantu anak mendapatkan hasil yang optimal dari kegiatan belajarnya, penting bagi kita untuk mengenali gaya belajarnya. Setiap anak punya keunikan dan gaya belajar yang berbeda. Bahkan adik kakak bisa mempunyai gaya belajar yang tidak sama meski sehari-hari menghabiskan waktu belajar bersama di rumah.

Dilansir dari laman Fimela.Com, Rabu (15/7/2020) berikut 3 gaya belajar anak yang perlu diketahui orangtua.

Gaya Belajar Visual

Anak dengan gaya belajar visual lebih suka dan mudah menerima informasi dengan cara melihat. Segala hal yang menarik secara visual akan menjadi fokus dan mudah dipahami. Untuk memaksimalkan hasil belajar anak dengan gaya belajar visual ini, kita bisa menyediakan spidol warna-warni atau kertas aneka warna untuk membantu anak membuat berbagai macam gambar dan tulisan.

Izinkan anak untuk membuat coretan-coretan saat belajar atau mendengarkan pengarahan. Sediakan gambar atau alat peraga untuk memudahkan anak memahami sebua konsep pelajaran. Penggunaan mind map, diagram, atau peta bisa memudahkan akan untuk meringkas materi pelajaran.

Gaya Belajar Auditory

Anak dengan gaya belajar auditori biasanya lebih sensitif terhadap suara dan memiliki minat yang tinggi terhadap musik. Ia menjadi kurang tertarik atau mudah bosan bila harus membaca puluhan halaman.

Anda bisa memberi pengarahan secara lisan pada anak dan membiarkan anak mengejanya. Izinkan anak untuk mengucapkan petunjuk tertulis atau membaca dengan suara keras. Belajar dengan cara diskusi bisa memudahkan anak memahami konsep pelajaran. Bantu anak mengingat materi melalui lagu, musik, atau bertepuk tangan.

Gaya Belajar Kinetik

Anak dengan gaya belajar kinestetik akan lebih peka menerima informasi baru melalui aktivitas. Anak dengan gaya belajar kinetik belajar dengan melibatkan gerakan tubuh. Sediakan alat peraga atau media permainan untuk memudahkan anak belajar. Izinkan anak belajar sambil melakukan sesuatu dengan anggota tubuhnya.

Belajar sambil bergerak memudahkan anak menyerap informasi atau pelajaran. Role Play, drama, atau skit bisa dilakukan untuk membantu anak lebih cepat mengingat materi pelajaran.

Rewriter : Oktaviana Dwi K. K
Sumber : fimela.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.