Kenali 4 Tanda saat Tubuh Anda Kekurangan Serat

Avatar of PortalMadura.com
Kenali 4 Tanda saat Tubuh Anda Kekurangan Serat
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Serat adalah sumber nutrisi yang kerap diremehkan. Padahal bahan makanan berserat membuat kita merasa kenyang, membantu menurunkan berat badan, dan menjaga perut tetap sehat. Serat merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Sayangnya berdasar sebuah penelitian sebagian besar orang hanya mengonsumsi 15 gram serat per hari dari yang seharusnya 40 gram. Serat memperlancar sistem transportasi di dalam usus dan memberi makan bakteri baik pada usus yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Kurangnya serat ini tentu bisa menimbulkan sejumlah masalah pada kesehatan tubuhmu. Tubuh yang kekurangan serat ini juga bakal menimbulkan tanda-tanda tertentu yang bisa Anda ketahui. Berikut sejumlah tanda ketika tubuhmu kekurangan serat.

Kolesterol Tinggi
Kekurangan serat pada tubuh bisa meningkatkan angka kolesterol jahat dalam tubuh. Pasalnya, serat sendiri mampu menyerap zat berbahaya yang dapat menambah kolesterol jahat. Sebuah penelitian mengungkap bahwa tingginya serat dikaitkan dengan menurunnya kolesterol total dan LDL hingga 60-70 persen.

Baca Juga: Sudah Tiga Hari, 219 Calon Penumpang Kapal Tertahan di Pelabuhan Kalianget

Kenaikan Berat Badan
Konsumsi makanan berserat bisa membuat perut Anda merasa kenyang lebih lama. Makanan rendah serat sendiri biasanya tidak membuat perut cepat kenyang sehingga cenderung makan berlebih dan membuat berat badan meningkat.

Selalu Merasa Lapar
Manfaat serat yang membuat perut kenyang lebih lama menyebabkan Anda tak mudah lapar. Sedangkan ketika Anda kekurangan mengonsumsi serat maka perut akan mudah merasa lapar.

Sulit Buang Air Besar
Kekurangan serat mampu membuat sistem pencernaan Anda bergerak dengan lambat. Oleh karena itu ,sembelit kronis bisa terjadi pada tubuh Anda yang kekurangan serat khususnya serat larut yang mampu mendorong pergerakan usus.

Kandungan serat ini bisa Anda peroleh dari konsumsi sayur, buah, gandum, dan biji-bijian. Pastikan untuk mengonsumsi sejumlah bahan kaya serat ini untuk menjaga kesehatan tubuhmu.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.