Kenali 5 Gejala Awal Penyakit Leukemia, Jangan Diabaikan!

Avatar of PortalMadura.Com
Kenali 5 Gejala Awal Penyakit Leukemia, Jangan Diabaikan!
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu jenis kanker yang biasanya menyerang -anak yaitu . Gejalanya memang sulit dikenali selain itu munculnya juga secara terus menerus. Sehingga penyakit ini jarang diketahu lebih awal.

Bagi penderita leukemia, sel darah baru bermutasi dan kemudian menjadi kenker selanjutnya menyebar kebagian tubuh yang lain. Sebagai orang tua, tentunya sangat khawatir pada penyakit ini. Oleh sebab itu, kenali tanda-tanda anak menderita leukemia. Apa saja?

Berikut ulasannya:

Kulit Tampak Pucat
Ketika leukemia berkembang, sel-sel darah baru bisa dirusak oleh sel kanker. Fungsi sumsum tulang bisa diambil alih. Nah aliran darah pun jadi berkurang drastis, akhirnya membuat kulit jadi lebih tampak pucat. Gejala ini terjadi tidak sekali atau dua kali, meski anak terdiam atau beraktivitas, kulitnya tampak pucat dan wajahnya tidak terlihat segar.

Anak Sering Mengeluh Kelelahan
Anak leukemia cenderung tubuhnya sering lemas dan kekurangan energi. Sepanjang waktu dia akan mengalami rasa lelah berlebihan dan tubuhnya terlihat lunglai.

Bisa Infeksi atau Demam
Sel-sel darah merah yaitu komponen penting dari sistem kekebalan tubuh Anda. Jika tidak sehat, seperti pada penderita leukemia jadi sering sakit.

Sesak Napas
Seiring dengan masalah kekurangan energi, sesak napas bisa saja dialami oleh anak penderita leukemia. Terutama selama mereka beraktivitas fisik. Ada perubahan yang tampak terjadi pada tubuhnya yang mudah dikenali.

Kulitnya Selalu Memar
Jika mengalami luka dan goresan di kulit susah sembuhnya. Kulit jadi sering memar dengan mudahnya. Gejala tersebut paling jelas dialami penderita leukemia, sebabnya karena terjadi pergeseran sel darah merah yang tidak wajar. Kondisi ini dikenal dengan istilah petechiae. (okezone.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.