Kenali 5 Hal Penyebab Bau Mulut Tidak Kunjung Hilang

Avatar of PortalMadura.Com
Kenali 5 Hal Penyebab Bau Mulut Tidak Kunjung Hilang
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu hal yang membuat kita kurang percaya diri ketika berinteraksi dengan orang lain adalah . Pernahkah Anda merasa meski telah rajin sikat gigi, namun bau mulut masih tetap ada. Mengapa bisa demikian ? Ada banyak kemungkinan bisa terjadi. Namun, pada umumnya hal tersebut bisa karena ada masalah rongga mulut yang tidak pernah Anda sadari selama ini.

Dalam dunia medis, kondisi tersebut disebut halitotis. Hal tersebut dapat terjadi karena adanya ribuan mikroorganisme yang mendiami mulut Anda.

Diego Dimas, dokter gigi dari situs Klik Dokter, menjelaskan, beragam faktor mengakibatkan bau mulut masih terjadi meski sudah sikat gigi setiap hari.

“Berdasarkan sebuah penelitian, 90 kasus bau mulut terjadi akibat adanya masalah pada rongga mulut, sembilan persen karena masalah dari sistem pernapasan, dan satu persen akibat masalah pencernaan”, katanya.

Yuk kenali beberapa hal berikut ini yang menyebabkan bau mulut tak kunjung hilang meski tidak pernah meninggalkan kebiasaan sikat gigi.

1. Lidah kotor

Bau mulut bisa terjadi karena lidah yang tidak pernah dibersihkan secara berkala bisa jadi tempat untuk bakteri jahat berkembang biak di dalam mulut.

2. Gigi berlubang dan sisa akar gigi

Makanan bisa menyangkut pada gigi berlubang yang tidak juga ditambal. Apabila ini dibiarkan karena Anda malas menyikat gigi, sisa makanan yang menyangkut tersebut bisa berubah menjadi tempat bagi bakteri tumbuh dan berkembang.

“Bau mulut pun tak bisa lagi dihindari,” ujarnya.

3. Radang gusi

Ditandai dengan gusi berdarah dan pembentukan karang gigi, masalah ini menyerang pada penyangga gigi (tulang dan gusi). Radang gusi menyebabkan tampilan gusi berwarna memerah dan meradang.

Penelitian menemukan, kantung gusi yang terbentuk akibat radang gusi dapat menjadi sarang bakteri penyebab bau mulut.

4. Gigi palsu

Gigi palsu cekat atau lepasan yang tidak dirawat secara rutin dan teratur dapat menyebabkan munculnya bau mulut. Ini karena gigi palsu tetap bisa kotor, bercelah atau berlubang, sehingga bila tidak dikontrol rutin oleh dokter gigi dapat menjadi tempat bagi kuman untuk bersarang. Pada akhirnya, bau tak sedaplah yang keluar dari dalam mulut Anda.

5. Penyakit sistemik

Infeksi saluran napas, gangguan pencernaan, diabetes, atau kelainan pada hati juga dapat menyebabkan terjadinya bau mulut. Begitu pula dengan konsumsi obat-obatan golongan tertentu, misalnya antidepresi dan obat darah tinggi.

Itulah beberapa kondisi yang dapat menyebabkan napas bau meski sudah rajin sikat gigi. Bila Anda merasa sangat terganggu dengan kondisi yang Anda alami tersebut, jangan ragu atau malu untuk berobat ke dokter gigi ya. Selain untuk mengatasi masalah kurang percaya diri Anda akibat bau mulut, juga demi kesehatan mulut dan gigi Anda dengan rutin ke dokter gigi. Semoga Bermanfaat (liputan6.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.