Kenali 5 Masalah yang Kerap Terjadi di Bisnis Online, Yuk Siasati!

Avatar of PortalMadura.com
Rewriter: Putri KuzaifahRujukan: Idntimes.com
Kenali-5-Masalah-yang-Kerap-Terjadi-di-Bisnis-Online,-Yuk-Siasati!
Ilustrasi (jurnal.id)
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Di era yang serba canggih ini banyak orang yang mulai menjajal bisnis online. Hal ini karena jualan online bisa dilakukan dimana saja, tentunya dengan dukungan gadget dan jaringan internet.

Tapi, di antara sejumlah orang yang antusias menjalani bisnis online, ada banyak juga yang berhenti di tengah jalan. Salah satu masalah yang kerap ditemui karena kalah saing dengan pebisnis lainnya. Oleh karena itu, setiap memulai bisnis ini harus dipikirkan secara matang agar bisa menyiasati semua masalah yang mungkin terjadi.

Berikut ini lima masalah umum yang sering ditemui pebisnis pemula saat berjualan online seperti dilansir PortalMadura.Com, Rabu (30/3/2022) dari laman Idntimes.com:

Kompetitor

Luasnya pasar online membuat persaingan bisnis menjadi sangat ketat. Ini karena kompetitor mudah ditemukan di mana-mana. Untuk menyiasati hal tersebut, maka penting untuk memastikan bisnis yang dijalankan memiliki keunggulan dibanding kompetitor yang sudah ada agar mudah menarik perhatian pelanggan.

Membangun keunggulan bisa dilakukan melalui riset tentang para kompetitor untuk mencari tahu kelebihan dan kekurangan mereka. Manfaatkan poin kelemahan kompetitor dan buatlah hal tersebut sebagai keunggulan produk. Lakukan inovasi tersendiri yang membuat produk berbeda dari mereka.

Baca Juga:  Harga Emas Antam 1 Juli 2022, Harga Emas UBS Sama?

Kepercayaan Pelanggan

Salah satu kendala berjualan online bagi pemula adalah mendapatkan kepercayaan pelanggan. Banyaknya penipuan online membuat pelanggan akan sangat berhati-hati dalam memilih toko online, dan biasanya jarang ada yang mau melakukan pembelian di toko baru yang reputasinya belum jelas.

Untuk itu, ajaklah orang-orang terdekat untuk membeli dan memberikan testimoni serta review. Ini tidak hanya membantu pertumbuhan bisnis, tapi juga bisa menumbuhkan kepercayaan pada calon pelanggan baru. Selain itu, pastikan juga untuk menjual sesuatu yang sesuai dengan deskripsi dan foto produk.

Menemukan Supplier

Menemukan supplier atau pemasok yang cocok juga bisa menjadi masalah dalam berjualan online. Ini karena kesuksesan bisnis yang dijalankan bergantung pada supplier yang dipilih.

Untuk bisnis pemula, biasanya kendala awal adalah kesulitan menemukan supplier yang cocok dari segi harga, kualitas, dan mudah diajak bekerjasama. Namun demikian, jangan ragu untuk terus mencari supplier yang tepat dan jangan takut pergi ke daerah, pelosok-pelosok, atau bahkan luar negara untuk mencari supplier terbaik.

Finansial

Kendala finansial tidak hanya terjadi untuk orang-orang yang baru merintis bisnis online. Apabila tidak dapat mengelola keuangan bisnis dengan baik, maka bisa menjadi masalah di kemudian hari.

Baca Juga:  Saksikan Final Liga Santri Sumenep Al Istikmal Vs Al Amin

Oleh karenanya penting untuk bisa memantau keuangan bisnis dengan baik. Buatlah laporan keuangan yang baik seperti laporan pemasukan dan pengeluaran. Sebaiknya pisahkan rekening toko online dengan rekening pribadi agar tidak tercampur dan keuangan mudah dipantau.

Membuat Website

Selain berjualan melalui marketplace, sebaiknya memiliki website toko online sendiri. Adanya website akan meningkatkan penjualan secara signifikan, terutama jika website dikelola dengan baik.

Banyak yang mengira bahwa membuat website itu susah, sehingga akhirnya ini menjadi salah satu kendala jualan online. Padahal faktanya, membuat website untuk toko online bisa dilakukan dalam waktu singkat atau juga bisa menggunakan jasa pembuat website jika ingin lebih praktis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.