oleh

Kenali 5 Tanda Dehidrasi pada Kulit

PortalMadura.Com – Dehidrasi merupakan satu keadaan dimana tubuh kekurangan kadar air. Oleh karena itu, cegah dehidrasi dengan cara mengonsumsi air atau cairan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Selain itu, dehidrasi juga bisa terjadi pada kulit. Hal ini terjadi karena sel kulit kekurangan kadar air. Keadaan ini biasanya diketahui karena terjadi beberapa tanda ini pada kulit. Apa saja? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman popmama.com, berikut beberapa tanda dehidrasi pada kulit.

 

Kulit Terasa Gatal

Pernahkah Anda merasakan kulit yang gatal dan rasa gatal yang tidak kunjung menghilang? Hal ini bisa terjadi jika kulit Anda kekurangan kadar air sehingga membuatnya terasa sangat gatal.

Faktor eksternal seperti angin dan juga perubahan suhu yang cukup ekstrim ternyata dapat membuat kulit kehilangan kelembapannya sehingga menyebabkan sensasi yang gatal. Biasanya hal ini disertai dengan pengelupasan dan juga minyak yang menghilang di permukaan kulit.

Peningkatan Sensitivitas

Salah satu konsekuensi kulit yang dehidrasi yaitu meningkatnya kepekaan pada kulit karena kulit yang dehidrasi adalah prekursor dari kulit yang sensitif. Ketika penghalang kelembapan kulit mengalami gangguan, maka ia tidak dapat memberikan pelindungan yang baik.

Karena hal itulah bakteri dan juga polusi dapat menembus lapisan terluar kulit dan memperburuk dengan gejala seperti gatal, iritasi, dan juga kemerahan.

Kulit yang Terlihat Kusam

Apakah penyebab utama dari kulit kusam yaitu karena tubuh kelelahan? Tentu saja tidak, penyebab kulit kusam cukup banyak dan salah satunya adalah kulit yang dehidrasi. Kulit yang dehidrasi akan memengaruhi kemampuan kulit untuk mengganti sel-sel mati secara alami.

Tanpa adanya kadar air yang cukup pada kulit, maka kulit tidak cukup sering melepaskan lapisan terluar atau kulit yang mati. Karena hal itulah, sel-sel mati akan menumpuk di permukaan dan membuat pori-pori menjadi tersumbat dan juga kusam.

Timbulnya garis halus dan juga kerutan

Ketika Anda mencoba untuk mencubit pelan kulit di pipi dan terlihat adanya garis-garis halus, itu adalah tanda bahwa kulit mengalami dehidrasi.

Kulit yang dehidrasi biasanya akan menunjukkan tanda-tanda penuaan dini di area wajah. Tidak seperti garis alami pada saat tersenyum, kerutan ini akan muncul sebagai jaringan dari garis-garis halus pertanda kulit yang dehidrasi.

Kulit Terasa Kencang

Apakah Anda pernah mengalami kulit yang terasa seperti tertarik dan juga kencang? Bisa jadi ini adalah salah satu tanda kulit Anda mengalami dehidrasi.

Hal ini menjadi salah satu tanda dehidrasi jangka panjang yang jangan sampai terlewatkan. Jika kulit mengalami hal ini dan di diamkan begitu saja, maka akan menyebabkan kulit yang pecah-pecah dan juga kasar.

Untuk menghindari kulit mengalami dehidrasi, Anda perlu untuk selalu membuat kulit menerima kadar air yang cukup sehingga kulit akan tetap terjaga kelembapannya. Apakah Anda pernah mengalami tanda-tanda ini? Segera lakukan tindakan selanjutnya agar kulit tidak semakin parah, ya!

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber : Popmama.Com

Komentar