Opini  

Kenali Gejala Hepatitis Misterius Yang Menyerang Anak-anak

Avatar of PortalMadura.com
Kenali Gejala Hepatitis Misterius Yang Menyerang Anak-anak

Oleh: Sri Nur Hasanah*

Kementerian Kesehatan telah meningkatkan kewaspadaan dalam dua pekan terakhir setelah Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan Kejadian Luar Biasa (KLB) pada kasus hepatitis akut yang menyerang anak-anak di Eropa, Amerika dan Asia, dan belum diketahui penyebabnya sejak 15 April 2022.

Kewaspadaan tersebut meningkat setelah tiga pasien anak yang dirawat di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta dengan dugaan hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya hingga meninggal dunia, dalam kurun waktu yang berbeda, yakni dengan rentang dua pekan terakhir hingga 30 April 2022.

Ketiga pasien ini merupakan rujukan dari rumah sakit yang berada di Jakarta Timur dan Jakarta Barat. Gejala yang ditemukan pada pasien-pasien ini adalah mual, muntah, diare berat, demam, kuning, kejang dan penurunan kesadaran.

Saat ini, Kementerian Kesehatan RI sedang berupaya untuk melakukan investigasi penyebab kejadian hepatitis akut ini melalui pemeriksaan panel virus secara lengkap. Dinas kesehatan Provinsi DKI Jakarta sedang melakukan penyelidikan epidemiologi lebih lanjut.

Secara umum gejala awal penyakit hepatitis akut adalah mual, muntah, sakit perut, diare, kadang disertai demam ringan. Selanjutnya, gejala akan semakin berat seperti air kencing berwarna pekat seperti teh dan BAB (buang air besar) berwarna putih pucat.

Sebaiknya, jika anak-anak sedang mengalami gejala yang mirip, maka tindakan yang harus dilakukan adalah secepatnya dibawa ke rumah sakit untuk dilakukan pemeriksaan (deteksi dini).

Namun, dengan adanya kasus hepatitis tersebut diharapkan masyarakat tidak panik dan tetap waspada, dengan tetap memperhatikan gejala-gejala dari hepatitis itu sendiri.(**)

*Penulis: Mahasiswa Universitas Wiraraja Madura prodi Administrasi Publik

Jangan Lupa Akses Berita dari Kami di Google News & Telegram

Konten ini menjadi tanggung jawab penulis dan tidak mewakili pandangan redaksi PortalMadura.com.
Punya Tulisan Seputar seputar opini, gagasan, sudut pandang.
Kirim Tulisan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.