oleh

Kenali Penyebab Bercak Putih Pada Kulit Anda

PortalMadura.Com – Bercak putih pada kulit dapat disebabkan karena berbagai hal, mulai dari bawaan genetik hingga penyakit infeksi yang harus diwaspadai. Bercak putih pada kulit disebut dengan hipopigmentasi. Sel kulit pada area yang mengalami hipopigmentasi mengandung lebih sedikit melanin.

Warna kulit seseorang bervariasi tergantung ras, genetik, dan seberapa banyak orang itu terkena sinar matahari. Selain itu, penyakit atau cedera dapat mengubah pigmentasi kulit seseorang. Beberapa penyakit bisa menyebabkan munculnya bercak putih pada kulit.

Dilansir dari laman Alodokter.Com, Selasa (9/2/2021), berikut beberapa sebab bercak putih pada kulit:

Vitiligo

Vitiligo terjadi ketika sel penghasil pigmen (melanosit) mati atau berhenti memproduksi melanin. Bercak putih pada kulit yang disebabkan oleh vitiligo biasanya bersifat permanen dan ukurannya dapat melebar hingga memengaruhi hampir seluruh bagian kulit.

Pityriasis Versicolor atau Tinea Versicolor (Panu)

Panu adalah infeksi jamur yang umum terjadi pada kulit, Penyebabnya adalah adanya pertumbuhan jamur Malassezia, yang sebenarnya ditemukan pada kulit normal. Penyakit ini juga dapat membuat kulit mengalami bercak kecokelatan dan bersisik.

Lepra

Lepra atau kusta disebabkan oleh bakteri Mycobacterium leprae. Penyakit ini ditandai dengan bercak putih pada kulit yang mati rasa atau terasa tebal.

Pityriasis Alba

Hipopigmentasi atau bercak putih pada kulit karena pityriasis sering muncul pada bagian pipi, dagu, leher, dan bahu. Sebelum bercak putih, pityriasis alba muncul sebagai bercak merah yang kering dan bersisik.

Morfea

Morfea yaitu kondisi kulit langka berbentuk bercak putih pada kulit yang disebabkan oleh meningkatnya jumlah kolagen pada bagian tersebut. Morfea tidak menimbulkan nyeri, namun lama-kelamaan bercak putih jadi bisa mengeras.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Alodokter.Com

Komentar