oleh

Kenali Penyebab Si Kecil Suka Ngompol Ketika Tidur

PortalMadura.Com – Apakah Anda salah satu orang tua yang memiliki anak dengan sikap yang menjengkelkan, misalnya sering ngompol?. Jika iya, tentu menjadi tantangan tersendiri bagi Anda dalam mengurusnya.

Sebab, dengan sikapnya yang sering ngompol di kasur, akan membuat Anda harus sering membersihkan dan menjemurnya. Sebenarnya, hal ini sudah umum terjadi pada anak-anak. Biasanya, kondisi ini terjadi ketika malam hari tepatnya saat anak tidur.

Walaupun kondisi anak demikian, pastikan Anda tidak terlalu memarahinya. Karena mereka melakukannya dengan tidak sengaja. Jika usianya terbilang masih dini, maka memarahinya akan terkesan sia-sia, sebab anak belum bisa berpikir mana yang benar dan tidak.

Sebagaimana dilansir Fimela.com, yang dikutip dari laman parents.com, mengompol juga dikenal dengan istilah nocturnal euresis. Mengenai anak ngompol ini, kira-kira kenapa bisa terjadi?.

Apa yang menjadi penyebab anak mengompol saat tidur padahal Anda sudah membiaskannya buang air kecil sebelum tidur?. Untuk mengetahui jawabannya, mari simak uraian berikut:

Loading...

Penyebab Anak Mengompol

Sebenarnya, ada beberapa hal yang menyebabkan anak mengompol di malam hari. Penyebab tersebut antara lain adalah anak tidak bisa menahan diri untuk buang air kecil dalam tidurnya dan anak tidak segera bangun ketika mendapati kandung kemihnya sudah penuh.

Perlu Anda ketahui, anak memproduksi banyak urin sepanjang malam karena asupan air terlebih minuman teh berlebih juga menyebabkannya sering ngompol.

Anak memiliki pengelolaan yang buruk saat buang air kecil sehingga menimbulkan kebiasaan sering mengabaikan aktivitas buang air kecil pun air besar akan meningkatkan risiko anak mengompol.

Selain itu, anak juga sering ngompol karena beberapa hal lain seperti terjadinya infeksi di kandung kemihnya. Anak yang berisiko terhadap penyakit diabetes dan masalah emosional tertentu yang memicu stres dan depresi juga bisa sering ngompol.

Baca Juga : 4 Cara Ampuh Hentikan Kebiasaan Ngompol pada Anak

Nah, ketika Anda mendapati anak sering ngompol, sebaiknya orang tua melatihnya untuk buang air kecil sebelum tidur. Orang tua juga penting menasehati anak agar mau bangun tidur dan pergi ke kamar mandi saat ia merasa ingin buang air kecil.


Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : fimela.com


Berita PortalMadura
Loading...

Komentar