Kenapa Harus Punya Asuransi? Ini 3 Alasannya

Avatar of PortalMadura.com
Kenapa-Harus-Punya-Asuransi-Ini-3-Alasannya
Ilustrasi (pixabay.com)

PortalMadura.Com – Dampak pandemi Covid-19 yang tidak kunjung berakhir ini dirasakan oleh banyak orang. Bagaimana tidak, kondisi ini membuat sebagian besar orang lebih menaruh perhatian pada kondisi finansial yang semakin terpuruk.

Selain itu, pandemi ini juga memicu generasi millenial untuk lebih mengerti soal manajemen dan risiko keuangan, misalnya persiapan dana darurat dan asuransi. Berbicara tentang asuransi, banyak orang menyepelekannya. Bahkan, tidak sedikit yang enggan untuk mengurusnya dengan alasan tidak terlalu penting.

Hal ini senada dengan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2019 lalu yang menunjukkan bahwa penetrasi asuransiatau kesadaran masyarakat Indonesia untuk memiliki asuransibaru tiga persen. Sebuah angka yang sedikit jika dibandingkan dengan banyaknya jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 270 juta jiwa.

Oleh karena itu, sebuah perusahaan startup yang bergerak di bidang insurance technology (insurtech) melalui VP of Direct to Consumer-nya, Theresia Ateng, Qoala, menjabarkan beberapa alasan penting bagi millennial untuk mulai memiliki proteksi diri atau asuransi.

Baca Juga:  15 BUMDes di Sumenep Buka Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor

Kenapa harus punya asuransi?. Berikut ini tiga alasan penting bagi millenial untuk memiliki asuransisebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Sabtu (22/5/2021) dari laman Idntimes.com:

Meminimilisir Risiko yang Mungkin Terjadi di Masa Depan

Alasan pertama mengapa millenial penting memiliki asuransiadalah untuk bisa meminimalisir risiko yang mungkin terjadi di masa depan. Bagi para millenial, khususnya yang telah memulai membentuk keluarga, asuransimenjadi salah satu aspek penting dalam manajemen risiko dan keuangan keluarga.

Berkeluarga membuat komitmen millenial tidak hanya pada diri sendiri, melainkan juga kepada pasangan dan anak-anaknya.

“Masa depan yang penuh ketidakpastian seperti serangan penyakit tertentu atau meninggalnya tulang punggung keluarga membuat asuransipenting dan signifikan bagi keuangan keluarga, terutama bagi millenial yang baru merintis keluarga muda,” ujar Theresia, dalam keterangan tertulis kepada IDN Times.

Baca Juga:  Serangan Virus, Petambak Udang di Sumenep Merugi

Melindungi Aset-aset Berharga

Asuransi tidak hanya bisa melindungi kesehatan, melainkan juga memberikan perlindungan terhadap aset-aset berharga yang dimiliki millenial seperti kendaraan, gawai, laptop, dan sebagainya.

Selain berharga, aset-aset tersebut tentunya dapat menunjang produktivitas millenial dalam kegiatan sehari-hari. Oleh karenanya, asuransibisa menjadi solusi untuk menghindari biaya perbaikan yang bisa cukup mahal akibat kerusakan pada aset-aset berharga tersebut.

“Dengan asuransi, biaya perbaikan atau penggantian atas kerusakan yang terjadi pada aset-aset tersebut dapat diminimalisir,” kata Theresia.

Asuransi Kini Bukan Lagi Hal yang Rumit

Millenial merupakan generasi yang ingin semua hal serba cepat, tidak ribet, dan mudah didapat atau ditemukan. Asuransi pun kini seperti itu, mengikuti perkembangan zaman dengan mulai merambah dunia digital. Banyak produk asuransiyang bisa didapatkan millenial secara online dan dapat diakses dengan mudah.

Baca Juga:  1.750 Rumah Warga Sumenep Masuk Program BSPS

“Dengan demikian, millenial sebagai calon nasabah bisa secara independen membandingkan dan mempelajari dengan transparan berbagai pilihan produk asuransidan menentukan sendiri mana yang manfaat perlindungannya paling sesuai untuk mereka,” jelas Theresia.

Di samping itu, lanjut Theresia, proses berasuransikini menjadi lebih transparan dan potensi konflik di masa depan, terutama masalah klaim akibat kesalahpahaman dalam memahami manfaat bisa diminimalisir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.