oleh

Kepala Bergetar Terus-menerus, Waspadai Penyakit ini

PortalMadura.Com –  Anda mengalami kepala bergetar terus menerus? hal tersebut dalam dunia medis dikenal dengan istilah Tremor. Yakni  gerakan yang tidak terkendali pada satu atau lebih bagian tubuh Anda.

Tremor biasanya dikaitkan dengan penyakit Parkinson yang menyerang tangan. Namun harus Anda ketahui, ternyata tremor ini bukan hanya menyerang bagian tangan tapi juga bisa terjadi pada kepala.

Kondisi kepala yang bergetar ini sebenarnya tidak berbahaya, namun akan mengganggu aktivitas sehari-hari Anda. Sehingga ini akan membuat rasa tidak nyaman pada Anda. Dilansir dari laman Sehatq.com, Selasa (14/7/2020) Anda harus mengetahui penyebab kepala menjadi bergetar.

Penyebab Kepala Bergetar Terus-Menerus

Kepala bergetar disebabkan karena tremor esensial. Kondisi ini karena saraf mengalami gangguan, sehingga menyebabkan getaran yang tidak bisa dikontrol. Tremor ini bukan hanya terjadi pada kepala namun juga bisa terjadi pada kotak suara, tangan, lidah, dan dagu.

Tremor esensial ini jarang terjadi pada anggota tubuh bagian bawah. Tremor ini dianggap tidak berbahaya jika tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun jika sudah parah dan mengganggu Anda, maka sebaiknya segera diperiksakan pada dokter spesialis saraf. Selain itu, tremor ini bisa disebabkan karena mutasi genetik yang disebut dengan familial tremor atau tremor yang menurun di keluarga.

Baca Juga: Ini 5 Obat Asam Urat Alami yang terbukti Ampuh

Perawatan untuk Kepala Bergetar Akibat Tremor Esensial

Kondisi tremor esensial ini bisa dilakukan perawatan sebagai berikut untuk mengurangi frekuensi tremor:

Mengonsumsi Obat-obatan

Jika Anda memilih cara ini, harus di bawah resep dokter sehingga Anda tidak salah dosis dan obat. Beberapa obat yang di anggap efektif untuk redakan tremor yaitu: Gabapentin, Propranolol, Primidone, Topiramate, Diazepam, Lorazepam, dan Aplrazolam.

Operasi

Jika tremor sudah cukup parah, maka pilihan selanjutnya bisa dilakukan operasi. Kemungkinan besar dokter akan memberikan alat khusus yang terhubung ke bagian otak untuk mengatur kerja otot.

Terapi MRI

MRI-guided Focused High Intensity Ultrasound merupakan terapi yang akan menyasar bagian otak untuk mengatur kerja otot agar diperbaiki.

Penyebab Lain Kepala Bergetar

Kepala bergetar bukan hanya disebabkan karena tremor esensial namun juga bisa disebabkan karena penyakit lain seperti: Cervical dystonia, Penyakit parkinson, Stroke, Cedera kepala, dan Multiple sclerosis.

Selain penyakit tersebut, kepala bergetar juga bisa disebabkan karena berhenti mengonsumsi obat antidepresan seperti: Setraline, Escitalopram, dan Fluoxetine. Bahkan pada beberapa kasus karena penghentian penggunaan alprazolam, garam amfetamin dan ekstasi.

iklan 2

Kapan Harus Diperiksakan ke Dokter?

Kepala Bergetar Terus-Menerus

Kepala bergetar harus segera diperiksakan ke dokter saat Anda merasa terganggu dan tidak nyaman. Karena dokter akan menganalisa penyebab kondisi yang Anda alami.

Kemungkinan dokter akan meiginstruksikan untuk melakukan pemeriksaan CT Scan atau MRI. Ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kepala Anda dan untuk melihat tanda-tanda adanya kelainan seperti tumor, stroke, atau multiple sclerosis.

Bahkan dilakukan pemeriksaan DatScan untuk mengetahui getaran pada kepala Anda disebabkan oleh tremor esensial atau penyakit Parkinson.

Pemeriksaan darah juga akan dilakukan apabila dokter mendiagnosis kemungkinan adanya hipertiroidisme atau penyakit Wilson.

Setelah ditemukan penyebab kepala Anda bergetar, dokter akan memberikan perawatan sesuai dengan latar belakang kondisi yang Anda derita.

Kepala bergetar ini bisa disembuhkan?

Apabila kepala bergetar dengan getaran yang ringan mungkin tidak memerlukan perawatan. Namun jika getaran kepala sampai mengganggu kemampuan Anda sehari-hari mungkin Anda bisa mempertimbangkan perawatan dengan obat atau operasi bedah.

1. Minum obat

Minum obat secara teratur dapat mengurangi getar di kepala akibat tremor esensial. Obat-obatan yang dapat diminum antara lain seperti Inderal, Mysoline, Neurontin, dan Topamax. Pilihan obat lain termasuk obat penenang Ativan, Klonopin, Valium, dan Xanax. Suntikan botox juga bisa menjadi pilihan perawatan. Perawatan ini efektif untuk getaran vokal dan kepala.

2. Bedah otak

Stimulasi otak dalam (DBS, deep brain stimulation) adalah pilihan perawatan bedah untuk orang-orang dengan tremor parah. Ini berlaku juga walaupun orang dengan kepala bergetar tersebut telah menjalani terapi medis.

DBS adalah metode yang menggunakan implantasi timah elektrik ke dalam talamus di otak. Talamus adalah area jauh di dalam otak yang mengkordinasikan kontrol otot tubuh. Diperkirakan, talamus inilah yang bermasalah dan membuat tangan, kaki, atau kepala bergetar.

3. Focused High Intensity Ultrasound

Ini adalah metode Neuravive (metode bedah tanpa sayatan dan menggunakan ultrasound ). Metode ini menggunakan gambar resonansi magnetik (MRI) agar ultrasonografi dapat fokus menghancurkan jaringan di thalamus. Selama prosedur ini, Anda tidak dibius melainkan dibiarkan terjaga dan harus bisa merespon selama perawatan.

Disarankan bagi Anda untuk memeriksakan ke dokter spesialis saraf apabila mengalami kepala bergetar. Tidak disarankan untuk mengonsumsi obat tanpa resep dokter, agar tidak memperparah kondisi Anda.

Rewriter : Lisa Mana L
Sumber : Sehatq.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar