Kepastian Haji 2021, Sumenep Tunggu Keputusan Pemerintah Pusat

Avatar of PortalMadura.com
Kepastian Haji 2021, Sumenep Tunggu Keputusan Pemerintah Pusat
dok. Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kemenag Sumenep, Innani Mukarromah (Foto: Taufikurrahman @portalmadura.com)
    Bagikan:

PortalMadura.Com, Sumenep – Pandemi Covid-19 memunculkan perubahan dalam semua hal. Salah satunya, pemberangkatan Calon Jemaah Haji (CJH) yang tertunda pada tahun 2020.

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kemenag Sumenep, Innani Mukarromah, Rabu (10/2/2021) menyampaikan, hingga saat ini masih menunggu keputusan pemerintah pusat.

“Sampai saat ini kami belum menerima surat resmi dari Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama,” terangnya.

Penundaan pemberangkatan jemaah haji tahun 2020 merujuk pada terbitnya Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 494 Tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji.

Saat ini, pihaknya menunggu kepastian pemberangkatan calon jemaah haji melalui Surat Edaran (SE) secara berjenjang, mulai dari Direktur Jendral (Dirjen) turun ke Kantor Wilayah (Kanwil), kemudian turun ke Kemenag.

Baca Juga:  Al Istikmal dan Al Amin Melenggang ke Babak 8 Besar Liga Santri KSAD 2022

“Kalau ada SE baru kita bisa melakukan sosialisasi kepada CJH,” katanya.

Data yang dikantongi Kemenag Sumenep, calon jemaah haji yang tertunda keberangkatannya pada tahun 2020 tidak ada yang mundur kecuali yang meninggal dunia.

“Masih tetap tercatat 670 jemaah kecuali berkurang karena meninggal,” pungkasnya.(*)


Baca Juga:  Kembangkan Desa Wisata, Bupati Sumenep Raih Penghargaan Kemndes-PDTT
Ikuti Berita Terbaru Dari PortalMadura.com di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.