oleh

Ketahui Bahaya Menahan BAB Untuk Kesehatan

PortalMadura.Com – Ada banyak alasan mengapa seseorang menahan keinginan untuk buang air besar atau BAB, terutama saat berada di tempat umum. Bahaya menahan BAB (buang air besar) tidak boleh disepelekan.

Jika sudah menjadi sebuah kebiasaan, ada beragam gangguan kesehatan yang akan mengintai Anda. Dilansir dari laman Alodokter.Com, Senin (31/5/2021), berikut beberapa masalah kesehatan yang bisa terjadi akibat sering menahan BAB adalah:

Sembelit

Ketika Anda menahan BAB, usus bagian bawah akan menyerap air dari tinja yang menumpuk di rektum, sehingga feses menjadi lebih keras. Kondisi ini bisa membuat feses sulit untuk keluar dan sembelit pun akhirnya tidak terhindarkan.

Ambeien

Sembelit akibat menahan BAB juga bisa memicu terjadinya wasir atau ambeien. Saat sembelit, Anda bisa mengalami kesulitan untuk BAB sehingga perlu untuk mengejan agar tinja bisa keluar.

Fisura Ani

Bahaya menahan BAB berikutnya adalah Anda berisiko untuk mengalami fisura ani. Kondisi ini dapat terjadi karena feses yang mengeras dan sulit untuk dikeluarkan bisa melukai atau merobek jaringan kulit dan juga mukosa yang melapisi saluran maupun lubang anus.

Inkontinensia Tinja

Kebiasaan menahan BAB bisa membuat otot-otot di rektum meregang, sehingga Anda berisiko untuk mengalami inkontinensia tinja. Kondisi ini menyebabkan hilangnya sensasi untuk BAB, sehingga tinja mungkin untuk keluar secara tiba-tiba tanpa disadari.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Alodokter.Com

Komentar