oleh

Ketahui Manfaat Zikir Pagi dan Petang

PortalMadura.Com – Zikir merupakan aktivitas yang dilakukan umat Islam untuk mengingat Allah SWT. Dengan menyebut dan memuji nama Allah, membuat hati menjadi tenang dan selalu ingat kepada Allah yang telah menciptakan manusia.

Jika Anda menginginkan ketengan hati, maka Anda bisa mengamalkan zikir pagi dan petang ini, dilansir dari laman Saintif.Com, Selasa (30/6/2020).

Pertama, amalkan zikir pagi dan petang ini “Bissmillahilladzi layadhurru ma’asmihi syaaunfilardhi wa fiisamaai wa huwassamii’ul’aliim.”

Zikir di pagi hari dapat membuat Anda menjadi lebih semangat. Dan berzikir di waktu petang, Allah akan memudahkan segala urusan yang Anda miliki dan menjauhkan Anda dari bahaya di malam hari.

Zikir Pagi
“Ash-bahnaa wa ash-bahal mulku lillah walhamdulillah, laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku walahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qodir. Robbi as-aluka khoiro maa fii hadzal yaum wa khoiro maa ba’dahu, wa a’udzu bika min syarri maa fii hadzal yaum wa syarri maa ba’dahu. Robbi a’udzu bika minal kasali wa su-il kibar. Robbi a’udzu bika min ‘adzabin fin naari wa ‘adzabin fil qobri.”

“Kami telah memasuki waktu pagi dan kerajaan hanya milik Allah, segala puji bagi Allah. Tidak ada ilah (yang berhak disembah) kecuali Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya. Milik Allah kerajaan dan bagi-Nya pujian. Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu. Wahai Rabbku, aku mohon kepada-Mu kebaikan di hari ini dan kebaikan sesudahnya. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan hari ini dan kejahatan sesudahnya. Wahai Rabbku, aku berlindung kepada-Mu dari kemalasan dan kejelekan di hari tua. Wahai Rabbku, aku berlindung kepada-Mu dari siksaan di neraka dan siksaan di alam kubur.” (Dibaca satu kali)

Zikir Petang
“Amsaynaa wa amsal mulku lillah walhamdulillah, laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku walahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qodir. Robbi as-aluka khoiro maa fii hadzihil lailah wa khoiro maa ba’dahaa, wa a’udzu bika min syarri maa fii hadzihil lailah wa syarri maa ba’dahaa. Robbi a’udzu bika minal kasali wa suu-il kibar. Robbi a’udzu bika min ‘adzabin fin naari wa ‘adzabin fil qobri.”

“Kami telah memasuki waktu petang dan kerajaan hanya milik Allah, segala puji bagi Allah. Tidak ada ilah (yang berhak disembah) kecuali Allah semata, tiada sekutu bagi-Ny. Milik Allah kerajaan dan bagi-Nya pujian. Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu.Wahai Rabbku, aku mohon kepada-Mu kebaikan di malam ini dan kebaikan sesudahnya. Aku berlindung kepadaMu dari kejahatan malam ini dan kejahatan sesudahnya. Wahai Rabbku, aku berlindung kepadaMu dari kemalasan dan kejelekan di hari tua. Wahai Rabbku, aku berlindung kepada-Mu dari siksaan di neraka dan siksaan di kubur.” (Dibaca satu kali)

Zikir Pagi Dan Petang
“Allahumma bika ash-bahnaa wa bika amsaynaa wa bika nahyaa wa bika namuutu wa ilaikan nusyuur.”

“Ya Allah, dengan rahmat dan pertolongan-Mu kami memasuki waktu pagi, dan dengan rahmat dan pertolongan-Mu kami memasuki waktu petang. Dengan rahmat dan pertolongan-Mu kami hidup dan dengan kehendak-Mu kami mati. Dan kepada-Mu kebangkitan (bagi semua makhluk).”

Itulah beberapa bacaan zikir pagi dan petang yang apabila diamalkan membuat pikiran Anda lebih tenang, bersemangat dan berharap dimudahkan Allah dalam segala urusannya. Awali pagi Anda dengan mengucapkan Bismillah. Demikian penjelasan zikir pagi dan petang semoga bermanfaat.

Rewriter : Oktaviana Dwi K.K
Sumber : Saintif.Com
Tirto.ID
Loading...

Komentar