Ketahuilah, Konsumsi Kacang Kedelai Bisa Jadi Alternatif Protein Anak

Avatar of PortalMadura.Com
Ketahuilah, Konsumsi Kacang Kedelai Bisa Jadi Alternatif Protein Anak
ilustrasi

PortalMadura.Com – Sedari dini, anak sudah sepatutnya dikenalkan terhadap varian makanan. Kebutuhan nutrisinya harus sudah dilakukan oleh orangtua kepada anak sejak kecil. Hal ini guna untuk mencukupi nutrusi yang dibutuhkan tubuh. Sebab, kecukupan nutrisi sangat penting di fase kritis tumbuh kembang anak.

dr Ida Gunawan M.S., Sp.GK (K) mengatakan “Masa kanak-kanak menjadi modal utama untuk menentukan generasi bangsa. Tumbuh kembang anak akan optimal bila pemenuhan nutrisinya cukup. Nutrisi yang diterima harus lengkap dan seimbang,”.

Baca Juga

Nutrisi yang diterima oleh anak harus lengkap dan seimbang. Lengkap berarti dalam sekali makan tidak boleh hanya satu macam saja di piring. Melainkan harus ada karbohidrat, protein, serat, vitamin, dan mineral. Sedangkan seimbang berarti sesuai dengan usia anak.

Di masa tumbuh kembang, protein terbilang penting dan dibutuhkan oleh anak. Protein terbagi menjadi dua yaitu hewani dan nabati. Pemenuhan protein harus mencakup kedua jenis tersebut. Selama ini diketahui protein hewani berupa daging ayam, daging sapi, telur, dan lainnya. Sedangkan untuk protein nabati bisa didapatkan dari kacang-kacangan dan biji-bijian. Untuk mendukung tumbuh kembang anak, kacang kedelai atau soya dapat menjadi alternatif protein untuk anak.

Kedelai sering dimanfaatkan untuk produk olahan seperti tahu, tempe, dan susu. Kacang yang dijuluki ‘King of Bean’ ini memiliki berbagai kebaikan nutrisi yang bisa melengkapi kebutuhan. Kedelai juga kaya akan asam amino esensial yang dapat membantu metabolisme tubuh serta regenerasi sel baru.

Walau kaya akan protein dan nutrisi lainnya, kedelai tidak bisa dikonsumsi sendiri. Sebab masih ada komponen nutrisi yang tidak ada di dalamnya. Konsumsi soya pada anak-anak tetap harus disertai dengan konsumsi makronutrien dan mikronutrien yang seimbang.(Okezone.Com/Nurul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.