Ketua Paralayang Jatim Sebut Bukit Lanjari Sumenep Istimewa

Avatar of PortalMadura.com

PortalMadura.Com, Desa Soddara, Kecamatan Pasongsongan, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, dinilai sangat cocok untuk kegiatan atlet .

“Tempat terbang cukup istimewa. Karena ada dua bukit yang tidak berjauhan. Artinya, kalau ada perubahan arah angin, itu memungkinkan untuk pindah ke bukit lain. Jadi, tempat take off-nya dua,” kata Ketua Paralayang Jawa Timur Arif Eko Wahyudi, di Bukit Lanjari, Jumat (27/5/2022).

Dari segi tempat, kata dia, sangat memungkinkan untuk menggelar event besar, baik regional maupun nasional. “Secara teknis, sangat memungkinan dijadikan tempat event lebih dari tingkat regional. Luas lahan sudah cukup, baik take off maupun untuk landing,” ujarnya.

Kondisi alamnya juga dinilai baik dan tidak ada masalah. Hanya butuh rumput sintetis untuk lokasi. “Saat ini sedang riset arah angin yang bagus itu bulan apa? sehingga bisa mengajukan event nasional sekaligus internasional,” terangnya.

Ia mengatakan, ketika membuka tempat paralayang baru, belum pernah satu kali langsung cocok. “Misalnya di Batu, pertama kali mulai 1998 sampai sekarang belum ketemu [arah angin bagus, red]. Hasil riset selalu berubah,” ujarnya.

Arif mengatakan, bahwa hampir semua tempat paralayang berkembang dan memberi manfaat pada warga sekitar. Namun, untuk sektor pariwisata, kata dia, tentu butuh beberapa syarat yang harus terpenuhi.

“Komitmen kami, akan sering menggelar event. Soal prasarana pak bupati sudah memerintahkan untuk membenahi. Sekarang tinggal membutuhkan SDM-nya,” katanya.

SDM dimaksud adalah, harus ada orang Sumenep yang bisa terbang. Dan ketika menjadi industri pariwisata, maka pilot tandemnya adalah orang Sumenep.

“Saat ini, sudah ada tiga orang yang sudah terbang beberapa kali [statusnya masih siswa]. Tinggal butuh jam terbang saja,” terangnya.

Kedepan, pihaknya menginginkan warga Desa Soddara yang harus bisa terbang. “Maka, kita akan siapkan itu,” pungkasnya.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.