Keunikan Pantai Badur Sumenep, Satu Lokasi Tersaji Empat Wisata

Avatar of PortalMadura.Com

PortalMadura.Com, – Keberadaan Pantai Desa Badur, Kecamatan , Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, mulai dilirik wisatawan lokal.

Awalnya, hanya dijadikan wisata alternatif oleh kaula muda mudi setelah berkunjung ke Pantai Lombang, Kecamatan Batang-Batang yang dikenal dengan pohon cemara udangnya.

Lokasi tersebut, bisa ditempuh dari Pantai Lombang ke arah barat atau kisaran 5 KM dengan jalan beraspal dan sedikit ada lubang (aspal ada yang rusak).

Di pantai utara kota ujung timur Madura ini, tidak hanya mempersembahkan keindahan pantai berpasir putih dan bersih serta dikelilingi pohon cemara udang.

Keunikan Pantai Badur Sumenep, Satu Lokasi Tersaji Empat Wisata
Pantai Desa Badur

Melainkan terdapat sumber besar yang airnya mengalir deras ke laut. Air tawar inilah yang sering dijadikan tempat berenang para wisatawan lokal.

Pertemuan air tawar dengan air laut itu, juga menjadikan wisatawan betah berlama-lama menikmati Pantai Badur bersama angin pantai yang tidak bagitu kencang.

Keunikan Pantai Badur Sumenep, Satu Lokasi Tersaji Empat Wisata
Air Tawar Pantai Badur mengalir deras ke laut

Air tawar dan pantai yang rindang dengan pohon cemara udang sudah tersaji. Para pengunjung juga dapat menikmati gua di bagian barat bibir pantai.

Konon, gua itu merupakan pertemuan para penyebar agama Islam dan tempat pejuang kemerdekaan pada zaman penjajahan Belanda.

Di dalam gua yang belum dibersihkan itu, terdapat tempat mirip ruang pertemuan. Misalnya, batu mirip kursi dan meja bundar.

Keunikan Pantai Badur Sumenep, Satu Lokasi Tersaji Empat Wisata
Gua Pantai Badur

Gua itu, kini sering dijadikan tempat tafakkur untuk mendekatkan diri pada sang pencipta oleh sebagian warga sekitar.

Di depan gua atau sebelah utara belakang musalla yang baru dibangun oleh pihak desa, ada satu makam yang nisannya dari batu gunung.

Keunikan Pantai Badur Sumenep, Satu Lokasi Tersaji Empat Wisata
Makam Pantai Badur

Makam tersebut diyakini salah satu tokoh agama penyebar Islam dari Persia. Tidak ada yang tahu pasti sejarah atau asal mula makam tersebut.

Namun, makam tersebut sering didatangi musafir yang mayoritas dari Banten, Jawa Barat. Para musafir dan sebagian warga sekitar yang suka meditasi di tempat itu, menyebutnya, Syekh Daud dari Persia (penyebar agama Islam).

Wakil Bupati Sumenep, pada saat berkunjung ke Pantai Badur, mengemukakan, bahwa pantai tersebut layak dikembangkan menjadi wisata andalan. “Jaga kebersihan pantai dan jangan sampai ada pengrusakan,” tegas Fauzi.

Baca: Wabup Sumenep, Pantai Badur Layak Dikembangkan Jadi Wisata Andalan

Satu lokasi tersaji empat keunikan

1. Pantai berpasir putih bersih dikelilingi pohon cemara udang

2. Pertemuan air tawar dan air laut mengalir deras

3. Gua di bibir pantai (bersejarah)

4. Makam tokoh agama penyebar Islam dari Persia (Religi-Butuh penelitian)

Fasilitas

1. MCK
2. Tempat kuliner
3. Musalla

(Hartono)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.