Keutamaan Baca Ayat Kursi di Malam Hari

Avatar of PortalMadura.com
Keutamaan Baca Ayat Kursi di Malam Hari
Ilustrasi (Brilio)

PortalMadura.Com – Sebagai umat Muslim, tentu sudah mengenal dengan . Di mana, ayat ini menjadi salah satu bacaan yang sering dibaca, entah itu ketika salat lima waktu atau ibadah yang lainnya.

Bagi yang mengamalkannya, ayat Kursi memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu khasiatnya yaitu akan mendapatkan perlindungan dari Allah SWT.

Dari keistimewaannya itu, tidak heran jika ayat ini kemudian dinilai sebagai salah satu doa yang mempunyai derajat paling tinggi di antara surah atau doa-doa yang lainnya.

Apalagi jika Anda membaca ayat Kursi di malam hari, ada keutamaan tersendiri yang tanpa disadari akan didapatkan. Lalu, apa keutamaannya?.

Berikut kisah yang pernah terjadi dulu dari membaca ayat Kursi seperti dilansir PortalMadura.Com, Sabtu (7/12/2019) dari laman Republika.co.id.

Dalam kitab Khawashul Quran karya al-Ghazali disebutkan, Ibnu Qutaibah menuturkan bahwa seorang laki-laki bani Ka'ab pernah memasuki Kota Basrah untuk menjual kurma tetapi belum juga menemukan tempat untuk berjualan. Lama mencari, akhirnya ia menemukan sebuah rumah yang sudah lusuh dan dipenuhi sarang laba-laba.

Laki-laki itu kemudian bertanya kepada orang di sekitarnya, “Apakah rumah ini ada pemiliknya?” Orang yang ditanya itu menjawab, “Ya, ada.” Orang itu lalu menunjukkan si pemilik rumah tersebut. Laki-laki itu pun bergegas menuju rumahnya.

Sesampainya di rumah si pemilik rumah tadi, laki-laki itu bertanya, “Maukah engkau menyewakan rumah tersebut kepadaku?”. Si pemilik rumah menjawab, “Boleh, tetapi berhati-hatilah. Rumah itu dihuni jin Ifrit jahat. Setiap orang yang masuk ke dalamnya selalu mengalami nasib buruk dan celaka”.

Laki-laki itu pun berkata, “Sewakanlah kepadaku, aku siap menempati rumah itu bersamanya. Semoga Allah menolong dan melindungiku dari kejahatannya.” Dengan perasaan khawatir, si pemilik rumah itu pun mengizinkannya menempati rumah itu. Laki-laki itu pun masuk ke dalam rumah tadi lalu membersihkannya.

Saat malam tiba, ada sesosok makhluk hitam legam dengan sorot mata merah menyala seperti obor melihatnya tajam. Laki-laki itu pun membaca ayat Kursi. Namun, setiap kali ia membaca ayat Kursi itu, makhluk tersebut juga mengikutinya. Laki-laki itu terus membaca ayat Kursi hingga makhluk itu menghilang.

Selanjutnya, ia pun bisa tidur dengan tenang. Pagi harinya, ia menemukan bekas terbakar dan abu di tempat kejadian semalam. Ia pun menanyakan kepada orang di sekitarnya.

Mereka menanggapi, “Engkau telah membakar jin Ifrit! Dengan apa engkau melakukannya?” Laki-laki itu pun menceritakan kejadian semalam. Dalam kisah lain, Abu Hurairah pernah ditugasi Nabi menjaga gudang harta zakat fitrah. Tiga malam berturut-turut ia kedatangan pencuri yang mengambil sesuatu dari gudang itu.

Abu Hurairah melaporkan kepada Nabi perihal pencuri tadi dan menceritakan saran pencuri tersebut perihal ayat Kursi. Beliau kemudian berkata, “Apa yang disarankannya itu benar. Namun, tahukah kamu siapa sesungguhnya pencuri itu? Ia adalah setan yang menyerupai manusia. Ia sejatinya makhluk pendusta besar” (HR al-Bukhari).

Dari kisah tersebut maka dapat disimpulkan, dengan membaca ayat Kursi pada malam hari, seseorang akan terhindar dari hal buruk sebagaimana kejadian yang telah dijelaskan sebelumnya.

Sebab, pada ayat itu dikatakan bahwa Allah Maha hidup, terus mengurus makhluk-Nya, serta tidak pernah mengantuk apalagi tidur. Dia juga mengetahui semua hal di dunia ini. Dia sama sekali tidak berat menjaga ciptaan-Nya.

Baca Juga : Ini 3 Fakta Ayat Kursi yang Perlu Umat Islam Ketahui

Ayat ini menegaskan keberadaan-Nya Yang Maha kuat tidak tertandingi. Dialah yang layak dimohonkan perlindungan dan tidak ada lagi selan-Nya. Wallahu A'lam.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.