oleh

Keutamaan Melaksanakan Ibadah Sore Hari dengan Maksimal

PortalMadura.Com – Sebenarnya setiap waktu itu tentu baik untuk kita melakukan aktivitas ibadah dan kegiatan yang bermanfaat, tidak hanya pada pagi dan malam hari saja, di waktu sore hari juga memiliki keutamaan untuk kita beribadah kepada Allah SWT.

Apalagi tidak ada yang pernah tahu waktu ajal akan tiba. Harapannya, ketika ajal menjemput, kita meninggal dalam keadaan baik (Husnul Hotimah), melakukan kegiatan yang baik, bukan dalam keadaan amalan yang buruk.

Banyak amalan dalam islam yang bisa dilakukan dari pagi hari sampai malam hari dan dari sejak bangun tidur sampai tidur lagi. Di antara waktu yang sangat baik dimanfaatkan untuk beribadah adalah waktu sore hari. Amalan yang bisa dilakukan adalah mempersegerakan salat Asar dan memperbanyak zikir setelahnya.

Dilansir dari laman Islami.Co, Selasa (13/10/2020), berikut ulasan tentang keutamaan melaksanakan ibadah sore hari dengan maksimal.

Rasulullah mengingatkan umat islam untuk tidak meninggalkan salat Asar. Dalam hadis, Rasulullah bersabda:

Orang yang meninggalkan salat Asar seperti orang kehilangan keluarga dan hartanya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dalam hadis lain, Rasulullah bersabda, “Orang yang meninggalkan salat Asar, amalnya terbuang sia-sia.” (HR. Bukhari)

Setelah salat Asar atau pada sore hari dianjurkan memperbanyak zikir. Dalam hadis riwayat Abu Daud disebutkan bahwa Rasulullah bersabda:

Artinya: “Aku duduk bersama orang-orang yang berzikir kepada Allah mulai dari (waktu) salat Subuh hingga terbit matahari lebih aku cintai dari pada memerdekakan empat orang budak dari putra Nabi Ismail. Dan aku duduk bersama orang-orang yang berzikir kepada Allah mulai dari (waktu) salat Asar sampai terbenam matahari lebih aku cintai daripada memerdekakan empat orang budak.” (HR. Abu Daud)

Waktu Asar atau sore hari dianggap memiliki banyak keutamaan karena menjadi penutup waktu siang hari. Allah SWT menyukai hamba yang menutup waktu siangnya dengan ibadah. Waktu Asar juga menjadi pembuka waktu malam yang menjadi waktu baik untuk beribadah.

Rewriter : Muthmainnatul Lizamah
Sumber : islami.co

Komentar