Kiblat Suci Umat Islam, Ini Rahasia Kakbah yang Jarang Diketahui

Avatar of PortalMadura.com
Kiblat Suci Umat Islam, Ini Rahasia Kakbah yang Jarang Diketahui
ilustrasi

PortalMadura.Com – Sepanjang tahun jutaan umat muslim rutin mengunjungi untuk sebuah perjalan ziarah yang dikenal sebagai haji dan umrah.

Selama ziarah tahunan itu, perhatian dunia beralih ke Masjidil Haram dan Kakbah. Dua kota suci, Mekah dan Madinah di Arab Saudi menjadi saksi bisu masuknya peziarah haji dan umrah yang melimpah dari seluruh penjuru dunia.

Namun, masih ada beberapa muslim maupun non-Muslim bertanya-tanya tentang apa yang begitu penting dari struktur berbentuk kubus di Kompleks Masjidil Haram itu. Bangunan berbentuk kubus itu terbuat dari batu granit, dengan tinggi sekitar 13,1 m dan sisi 11,03 m.

Di dalam Kakbah, terdapat lantai yang terbuat dari marmer dan batu pualam. Selain itu, di dalamnya juga dihiasi ornamen interior nan mewah, terletak Batu Hitam (Hajar Aswad) sebagai simbol dan bukti keberadaan manusia pertama ciptaan Tuhan, Adam dan Hawa.

Kakbah merupakan bukti kontinuitas keberlanjutan sejarah pra-, zaman kenabian, hingga masa Islam modern saat ini. Disimbolisasikan sebagai rumah Tuhan, Kakbah juga merepresentasikan denyut jantung muslim dunia. (liputan6.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.