oleh

Tanamkan 5 Pola Pikir Ini Sebelum Bersedekah

PortalMadura.Com – Memperbanyak sedekah merupakan satu amalan istimewa yang bisa kita lakukan, dan bisa mendatangkan banyak rezeki bagi siapa saja. Sedekah Bisa berupa apa saja yang layak diberikan kepada orang yang membutuhkan mulai dari barang sampai uang tunai.

Akan tetapi, sebelum bersedekah ada beberapa hal yang harus ditanamkan dalam pola pikir kita. Jangan sampai bersedekah hanya karena ingin di puji orang lain dan ingin mendapat imbalan kebaikan dari orang yang ditolong.

Dilansir dari laman Idntimes.Com, Jumat (12/6/2020) berikut lima pola pikir yang harus kita tanamkan sebelum bersedekah.

Pastikan Niat Anda Ikhlas
Terpenting dalam bersedekah adalah niat. Tanamlah niat dari diri sendiri bahwa sedekah yang diberikan sepenuhnya ikhlas tanpa menuntut apa-apa. Bukan untuk dipuji orang lain. Apalagi sampai mengharapkan imbalan dari mereka. Luruskan niat, ikhlas dari dalam hati, dan bersedekah semata-mata untuk mendapatkan berkah.

Sedekahkan Untuk Orang yang Benar-benar Membutuhkan
Jangan sampai lupa untuk menargetkan orang yang akan kita berikan sedekah. Bisa tetangga di sekitar kita yang masih sangat membutuhkan, sanak keluarga sendiri, sampai ke orang yang terkadang bisa tanpa sengaja kita temui di jalan. Mulailah dengan orang sekeliling kita. Karena bisa saja suatu saat kita yang membutuhkan bantuannya.

Berikan Sedekah yang Layak
Barang yang ingin disedekahkan juga harus yang layak. Posisikan jika diri kita yang menerima barang apakah ingin menggunakannya atau tidak. Karena barang yang akan digunakan dengan baik akan menjadi pahala yang terus mengalir untuk kita.

Pilih Sedekah yang Benar-benar Bermanfaat
Dalam bersedekah sudah seharusnya kita memberikan barang-barang yang bermanfaat. Misalnya untuk anak yatim, kita dapat memberikan baju baru, alat tulis, bahan makanan, dan lain-lain. Bersedekah uang juga baik, tetapi harus benar-benar tepat sasaran agar dapat digunakan juga dengan baik.

Berikan Dengan Tangan Kanan
Saat bersedekah lebih baik dilakukan secara diam-diam saja. Maksudnya, kita tidak perlu mengumbarnya di hadapan orang lain. Apalagi sampai selalu mengingat-ingat sedekah apa saja yang telah kita berikan. Cukup Tuhan dan malaikat saja yang mencatat amal baik yang telah kita perbuat.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Idntimes.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar