KPAI Desak Polisi Ungkap Mucikari Prostitusi Anak di Bali

Avatar of PortalMadura.com
KPAI desak polisi ungkap mucikari prostitusi anak di Bali
Ilustrasi: Pengurus Komisi Perlindungan Anak Indonesia. (Megiza Asmal - Anadolu Agency)

PortalMadura.Com, – Komisi Perlindungan Anak Indonesia () mendesak Kepolisian untuk mengungkap para mucikari dan agen perekrut yang memperjual belikan anak korban prostitusi di .

“Perlu perhatian yang serius sebab di akhir Tahun 2018 Bali menjadi tempat tujuan perdagangan orang,” ujar dan Eksploitasi Anak Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Ai Maryati Solihah dalam keterangan resminya pada Sabtu.

Kepolisian sebelumnya melakukan penggerebekan dan berhasil mengamankan 5 anak di bawah umur yang diduga diperjualbelikan secara seksual di Sanur Bali dengan cara yang tidak manusiawi.

Anak-anak berusia antara 14 tahun hingga 17 tahun tersebut diperjualbelikan dan diharuskan melayani satu hingga delapan tamu per hari.

Menurut Ai, para pelaku dapat dijerat oleh UU No 21 Tahun 2007 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang (PTPPO) dan UU No 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak dengan hukuman 15 Tahun maksimum.

Ai meminta Pemerintah menjamin hak-hak anak korban prostitusi dan melakukan pemulihan fisik dan psikologis.

Sebab, kata Ai, banyak anak yang mengalami traumatis saat menghadapi tekanan luar biasa di tempat prostitusi di mana awalnya mereka dijanjikan pekerjaan di luar prostitusi. dilaporkan Anadolu Agency, Senin (7/1/2019).

Untuk itu, lanjut Ai, pentingnya pendampingan hukum bagi para korban agar menerima restitusi sebagai ganti rugi yang mereka derita selama menjadi korban prostitusi. (AA)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.