3 Kriteria Calon Suami Idaman Para Muslimah

Avatar of PortalMadura.com
3 Kriteria Calon Suami Idaman Para Muslimah
Ilustrasi (Akhwatmuslimah.com)

PortalMadura.Com – Memiliki pasangan sampai akhirnya merupakan salah satu keinginan terbesar bagi setiap orang. Saat Anda memiliki keinginan untuk menikah, pasti Anda memiliki kriteria yang cocok untuk diri Anda. Khususnya bagi kaum pasti menginginkan calon suami yang bisa membawa ke jalan Allah.

Jika Anda mencari suami maka carilah orang yang baik agama dan akhlaknya. Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam bersabda: Artinya: “Apabila datang kepada kalian seorang pemuda yang kalian sukai agama dan akhlaknya, maka nikahkanlah dia dengan putri kalian. Kalau tidak, akan terjadi fitnah (bencana) dan kerusakan yang besar di muka bumi.” (HR At-Tirmidzi)

Ada tiga kriteria calon imam yang diidamkan oleh muslimah dilansir dari Muslim.okezone.com, Rabu (1/7/2020).

Memiliki Karakter Baik

Jika Anda memilih seorang laki-laki sebagai calon suami, maka pilihlah yang memiliki karakter baik. Cara mengetahui karakter laki-laki ini dilihat dari dia memperlakukan keluarganya dan memperlakukan seseorang secara adil dan rasa hormat. Anda juga harus melihat cara pria tersebut saat berinteraksi dengan banyak orang, jika dia memiliki sikap empati dan belaku jujur maka pria ini termasuk idaman bagi kaum muslimah.

Memiliki Rasa Tanggung Jawab yang Tinggi

Carilah laki-laki yang memiliki tangung jawab yang tinggi. Jika laki-laki ini bertanggung jawab maka dia akan berkomitmen untuk memberikan nafkah lahir dan batin kepada kelaurganya dan tidak akan menghianti keluarganya. Jika Anda menemukan laki-laki yang bertanggung jawab maka dia termasuk calon idaman suami yang Anda cari.

Untuk melihat laki-laki ini bertanggung jawab atau tidak, caranya sederhana ialah laki-laki yang mengajakmu menikah maka dia adalah laki-laki yang siap memberikan nafkah, lahir, dan batin kepada Anda. Sehingga dia akan bertanggung jawab atas diri Anda dan keluarganya.

Memiliki Daya Tarik

Ibn Abidin, seorang ahli hukum Islam mengatakan, “Seseorang seharusnya tidak menikahi anak wanitanya dengan lelaki tua atau jelek, tetapi dia harus menikahinya dengan yang serupa.”

Ketampanan memang sifatnya relatif, namun Anda pasti memiliki kriteria sendiri melihat ketampanan seorang laki-laki. Maka pilihlah laki-laki yang sesuai dengan kriteria Anda.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.