Kualitas Partai Politik Indonesia Akan Meningkat Tajam Jika Kepala Daerah Dipilih DPRD

Avatar of PortalMadura.Com
Kualitas Partai Politik Indonesia Akan Meningkat Tajam Jika Kepala Daerah Dipilih DPRD
Ilustrasi

PortalMadura.Com, Jakarta – Tingkat kepercayaan masyarakat kepada partai politik yang sangat rendah disebabkan oleh persepsi kurangnya kualitas kepemimpinan dan kebijakan yang dihasilkan oleh partai politik.

Hal ini disebabkan karena sebagian besar partai politik tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan pemantapan ideologi dan melakukan kaderisasi.

“Jika sistem sistem pemilihan langsung terus dilanjutkan, sebagian besar sumber daya partai politik akan habis dikerahkan untuk memenangkan yang jumlahnya lebih dari 500 di tahun 2015 sampai 2018. Ini artinya lebih dari 10 pilkada per bulan” jelas Kepala Riset Garuda Center for Indonesian Governance, Ujar Faizal Abdulgani dalam rilisnya yang diterima Redaksi PortalMadura.Com, Kamis (11/9/2014).

Faizal lanjut menjelaskan, jika pemilihan dikembalikan ke DPRD maka seluruh partai politik di Indonesia akan memiliki sumber daya yang cukup untuk memperkuat ideologi, menjalankan rekrutmen dan kaderisasi partai.

“Pilkada langsung banyak menguras waktu, uang, dan sumber daya manusia kepimpinan pusat partai politik. Jika pemilihan dikembalikan ke DPRD, maka kualitas partai politik di Indonesia akan meningkat tajam.

Nantinya setiap partai politik akan memiliki waktu yang cukup untuk membenahi infrastruktur partai dan mewujudkan partai modern yang dapat dipercaya rakyat” tutup Faizal.(rls/nia)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.