oleh

Manfaat Kulit Jeruk Untuk Kesehatan

PortalMadura.Com – Buah jeruk sudah menjadi favorit bagi banyak orang. Buah ini dikenal karena memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Tak hanya daging buahnya saja, ternyata kulit dari buah jeruk juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Untuk itu jangan membuang kulit jeruk begitu saja setelah mengupasnya.

Dilansir dari laman Hellosehat.Com, Jumat (3/7/2020) kulit jeruk juga dapat memberikan manfaat sebagai berikut.

Manfaat Kulit Jeruk Untuk Kesehatan

Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan nutrisi tertinggi dalam kulit jeruk yakni serat, vitamin, dan mineral. Seratus gram kulit jeruk mengandung 11 gram serat, sementara satu sendok makan kulit jeruk mengandung vitamin C dengan jumlah 3 kali lipat dari daging buahnya. Serat dan vitamin C pada kulit jeruk mampu menurunkan kolesterol, sedangkan vitamin C melindungi jantung dan pembuluh darah dari kerusakan akibat radikal bebas.

Menjaga Kesehatan Gigi

Kulit jeruk mengandung senyawa antibakteri serta mineral berupa fosfor dan kalsium. Senyawa antibakteri berguna untuk mencegah pembentukan plak serta gigi berlubang, sedangkan fosfor dan kalsium diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

iklan 2

Menurunkan Berat Badan

Manfaat kulit lainnya adalah dapat menurunkan berat badan dan kolesterol. Vitamin C yang ada pada kulit jeruk dapat membantu menurunkan berat badan secara alami.

Mencegah Penuaan

Kulit jeruk juga memiliki kandungan antioksidan yang berguna untuk melawan radikal bebas dan mengatasi keriput, sehingga ampuh untuk mencegah penuaan dini.

Baca Juga : Rutin Konsumsi Selada Air, Ini 7 Manfaatnya untuk Kecantikan

Mencegah Kanker

Manfaat kulit jeruk yang terakhir adalah dapat mencegah kanker. Kandungan flavonoid yang terdapat di dalam kulit jeruk membantu vitamin C agar dapat bekerja secara efisien dan memperlambat perkembangan sel kanker, khususnya pada kulit dan paru-paru.

Dari beberapa manfaat kulit jeruk diatas, ternyata kulit jeruk sendiri dipercaya lebih efisien untuk melawan beberapa penyakit dari pada buahnya.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : hellosehat.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar