oleh

Ladies, Ini 5 Cara Mudah Rawat Kulit Berjerawat di Musim Panas

PortalMadura.Com – Salah satu hal yang harus diperhatikan dari musim panas adalah merawat kulit terutama kulit yang berjerawat. Sebab, ketika cuaca panas, kulit akan lebih berminyak, meninggalkan komedo, sehingga meningkatkan munculnya jerawat.

Namun, kini Anda tidak perlu khawatir lagi, berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan di musim panas.

Gunakan Pembersih Muka yang Berbusa
Panas dan kelembapan dapat menyebabkan kelenjar minyak bekerja sangat keras. Anda tidak akan bisa menghentikan kelenjar minyak ini untuk terus memproduksi minyak, namun ada yang bisa dilakukan untuk mengontrol kelebihan minyak.

Langkah paling mendasar yang bisa Anda lakukan adalah membersihkan wajah dengan produk pembersih muka berbusa dua kali dalam sehari. Jika jenis kulit Anda sangat berminyak atau berkeringat, tambahkan pembersih ketiga.

Namun perlu diingat, untuk tidak terlalu sering mencuci muka. Mencuci muka terlalu sering dapat memecah penghalang pelindung kulit, menyebabkan kekeringan, dan iritasi yang berlebihan, akhirnya justru memperparah keadaan kulit berjerawat.

Menggunakan Astringent
Selama hari-hari yang panas, Anda bisa menambahkan kandungan Astringent ke dalam rutinitas perawatan kulit. Astringent adalah cara yang bagus untuk menghilangkan kelebihan minyak dari permukaan kulit yang membuat kulit Anda terlihat kusam.

Anda bisa memilih witch hazel misalnya untuk dimasukkan ke dalam sebuah botol dan bisa di bawa kemana-mana. Kapanpun kulit terasa terlalu berminyak, semprotkan ke wajah Anda untuk memberikan sensasi segar.

Memilih Produk Pelembap yang Ringan
Di musim panas, sebaiknya pilih produk dengan tekstur ringan, seperti pelembap. Kemungkinan Anda tidak akan membutuhkan produk pelembap yang berat di musim panas.

Pilihlah produk yang tidak ber-identitasogenik dan bebas minyak untuk menghindari kulit yang lebih berminyak. Sudah pernah coba?

Gunakan Tabir Surya Secara Rutin
Banyak obat jerawat yang membuat kulit menjadi lebih sensitif terhadap matahari, sehingga penggunaan tabir surya yang rutin adalah keharusan. Dan jangan melakukan tanning dulu, karena akan merusak kulit akibat sinar matahari, penuaan dini, dan meningkatkan risiko terkena kanker kulit.

Pilihlah produk tabir surya yang bebas minyak, noncomedogenic, dan setidaknya mengandung SPF antara 15, 30, atau lebih. Jika Anda menemukan produk tabir surya berwarna, biasanya produk tersebut digunakan oleh para pria yang ingin meredakan kemerahan akibat jerawat.

Mandi segera setelah berkeringat
Keringat dapat mengiritasi jerawat, jadi Anda harus mandi segera setelah berolahraga atau kapan saja setelah berkeringat. Gunakan produk pembersih tubuh yang dapat melawan jerawat, seperti asam salisilat dan benzoyl peroxide yang baik untuk mengatasi kulit berjerawat meradang.

Itulah beberapa cara yang Anda lakukan untuk melakukan perawatan kulit Anda yang berjerawat. (liputan6.com/Nanik)


Tirto.ID
Loading...

Komentar