oleh

TNI AL Luncurkan 3 Kapal Baru di Batam

PortalMadura.Com, Jakarta – TNI Angkatan Laut menggelar peluncuran dan pemberian nama tiga unit kapal yakni dua unit Kal Latih 45 M dari Galangan PT Karimun Anugrah Sejati dan satu unit kapal Bantu Cair Minyak (BCM) dari Galangan PT Batamec.

Kapal-kapal tersebut diresmikan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji dan secara resmi diberi nama KAL Kadet-6, KAL Kadet-7 dan Kapal Bontang. Penamaan kapal ini dilakukan di Galangan PT Karimun Anugrah Sejati dan Galangan PT Batamec, Batam, pada Rabu.

Selain akan menjalankan tugasnya menjaga teritorial laut Indonesia, kedua kapal latih ini akan menjadi tempat menuntut ilmu bagi taruna AL.

Berdasarkan keterangan pers TNI AL, Kapal Kal Latih 45 M memiliki tinggi 4,25 meter dengan kecepatan jelajah 16 knot dan kecepatan maksimum 18 knot dilengkapi dengan mesin penggerak kapal 2 unit Cummins KTA 50 M2. dilaporkan Anadolu Agency, Kamis (27/9/2018).

Sedangkan Kapal BCM Bontang memiliki tinggi 9 meter, kecepatan jelajah 16 knot dan dilengkapi dengan mesin penggerak kapal 2 unit STX MAN 12V 32/40.

Kapal BCM yang diberi nama Kapal Bontang ini diambil dari nama Kota di Provinsi Kalimantan Timur yang terkenal akan kekayaan alam migasnya.

Kapal bontang ini dapat melaksanakan Underway Replenishment sehingga tidak perlu kembali ke pangkalan untuk pemenuhan kebutuhan logistik dan bahan bakarnya. (AA)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.