oleh

Ladies, Ini 5 Pemicu Jangka Waktu Haid Jadi Singkat

PortalMadura.Com – Sebagai wanita, mengalami problema pada saat haid mungkin sudah menjadi hal yang biasa. Seperti mengenai siklus haidnya, sakitnya kram perut, kelelahan, hingga darah haid yang terlalu banyak. Namun, hal yang sangat menyenangkan bagi wanita yang sedang haid adalah durasi haid menjadi pendek. Sebab, periode haid pun terasa lebih nyaman. Nah, tahukah Anda jangka waktu haid yang singkat dan juga darah yang sedikit itu disebut hypomenorrhea.

Menurut ahli reproduksi endokrinologi, Lina Akopians, masa haid yang singkat pada dasarnya dipengaruhi oleh faktor hormonal atau struktural (yang berarti ada sesuatu pada organ dalam tubuh). Berikut adalah beberapa sebab siklus haid menjadi pendek.

Hamil
Anda mungkin pernah mendengar ada wanita yang tidak sadar dirinya hamil sampai perutnya benar-benar membesar. Ternyata salah satu penyebabnya adalah karena mereka mengira tetap haid, walau jumlah darahnya sangat sedikit. Ini bisa saja terjadi, walau jarang. Munculnya vlek atau darah haid yang sedikit ketika hamil bisa disebabkan karena kehamilan ektopik (saat sel telur menempel di bagian lain organ reproduksi, bukan rahim).

Berat Badan Turun atau Naik Drastis
Zat-zat kimia alias hormon dalam tubuh kita sangat sensitif, termasuk oleh fluktuasi berat badan.

“Tubuh kita perlu keseimbangan antara protein, karbohidrat, lemak, dan vitamin, agar bisa berfungsi dengan normal,” kata Akopian.

Stres Berat
Menghadapi stres berat, seperti kematian orang yang dicintai, bisa mengganggu keseimbangan hormonal. Hal yang sama juga bisa dilakukan oleh olahraga terlalu keras karena itu sama saja memberikan stres secara fisik pada tubuh.

Tiroid Terlalu Aktif
Kelenjar tiroid berada di depan leher dan bertugas melepaskan hormon yang mengontrol fungsi tubuh, seperti suhu dan pencernaan. Tiroid yang terlalu aktif atau hipertiroid bisa menyebabkan produksi hormon tiroid terlalu banyak sehingga berpengaruh serius bagi jantung, tekanan darah, otot, dan banyak lagi. Menstruasi yang terlalu pendek juga bisa menjadi tanda hipertiroid, bahkan bisa membuat tidak haid.

Memiliki PCOS
Sindrom Polisistik Ovarium (PCOS) adalah kondisi di mana ovarium menghasilkan terlalu banyak androgen atau hormon seks pria. Gangguan hormonal itu akan membuat tubuh wanita tidak bisa menghasilkan sel telur secara normal. Gejala yang mungkin timbul antara lain berjerawat, berat badan naik, dan banyak rambut di tubuh.

Semakin Tua
Jangan khawatir, ini bukan berarti Anda sudah tua. Tetapi, proses penuaan dapat membuat siklus haid berubah.

Itulah beberapa pemicu jangka waktu haid menjadi singkat. Semoga Bermanfaat.(kompas.com/Nanik)

Komentar