Ladies, Ini 6 Manfaat dan Cara Rendam Kaki pada Air Cuka

Avatar of PortalMadura.com
Ladies, Ini 6 Manfaat dan Cara Rendam Kaki pada Air Cuka
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Wajah merupakan salah satu bagian tubuh yang penting dirawat. Karena penampilan wajah menjadi perhatian banyak orang. Namun, ternyata ada bagian tubuh lain yang meskipun tersembunyi juga perlu dirawat yaitu kaki.

Merawat kaki juga tidak kalah penting. Oleh karena itu, bagi sebagian orang melakukan perawatan kaki sama halnya dengan wajah. Namun tidak perlu ke salon, karena ada cara mudah dan hemat yang bisa Anda lakukan untuk membuat kaki Anda tampak cantik yaitu dengan air cuka. Penasaran?

Berikut ini ulasannya:

Mencegah Jamur Kaki
Asam asetat dalam cuka membantu menghilangkan jamur yang dapat menyebabkan masalah seperti kutu air yang membuat jari-jari kaki tampak merah, kulit mengelupas dan sering terasa seperti terbakar atau gatal. Cuka juga dapat mengatasi kuku kaki yang menguning.

Anda bisa merendam kaki dengan cuka, caranya:
Tambahkan secangkir cuka ke dalam ember atau baskom berisi air hangat dan rendam kaki Anda selama 15 hingga 20 menit. Kemudian ulangi perawatan ini dua hingga tiga kali dalam seminggu.

Menghaluskan Tumit Kaki yang Pecah-pecah
Masalah lain pada kaki yakni pecah-pecah pada tumit. Ini akan membuat kulit kaki terasa kasar dan mengurangi percaya diri. Kaki pecah-pecah biasanya terjadi karena kurangnya perawatan, dan tubuh juga kekurangan vitamin.

Merendam kaki dengan cuka juga bisa mengatasi masalah ini, karena cuka dapat mengangkat sel-sel kulit mati yang membuat kaki Anda terasa kering dan kasar.

Caranya: rendam kaki Anda dalam ember yang berisi air dan cuka selama 15 hingga 20 menit, lalu gosok secara perlahan di kulit yang kering atau pecah-pecah.

Menghilangkan Kutil
Asam dalam cuka apel efektif untuk mengatasi virus yang menyebabkan kutil di kaki Anda. Komposisi dalam cuka apel dapat menetralkan infeksi dan melembutkan kutil. Jika rajin dan sering menggunakan cuka sari apel, itu dapat menghilangkan kutil sepenuhnya.

Caranya: tambahkan setengah cangkir cuka sari apel ke dalam baskom yang berisi air hangat dan rendam kaki selama 30 menit. Kemudian Anda juga bisa mengoleskan cuka langsung ke kutil menggunakan kapas.

Mengurangi Gatal
Ketidakseimbangan pH dapat menyebabkan kulit kering atau mempercepat pertumbuhan jamur kaki. Kedua kondisi ini bisa membuat kaki Anda sangat gatal. Rasa gatal pada kaki juga bisa disebabkan karena alergi terhadap bahan dalam sepatu atau kaus kaki.

Cuka apel dapat meringankan gejala yang tidak nyaman ini dengan merendam kaki dengan campuran air hangat dan cuka apel selama 20 menit, dan jika diperlukan Anda bisa mengulangi perawatan ini setiap hari.

Baca Juga: Beredar Video Hoaks, “Kapal Tenggelam” di Pulau Kangean Sumenep

Mengilangkan Bau Tak Sedap
Keringat yang berlebihan pada kaki akan menyebabkan pertumbuhan bakteri yang berlebih dan dapat menyebabkan bau kaki yang tidak sedap bahkan sulit untuk dihilangkan.

Kandungan asam dalam cuka bisa mengurangi kelembaban dan juga menghambat pertumbuhan bakteri dikaki. Merendam kaki dengan cuka bisa jadi solusi atau cara alami untuk menghentikan bau dari kaki yang menggangu.

Melunakkan Kapalan
Penumpukan sel mati yang berlebihan akibat gesekan dari sepatu dapat menyebabkan kapalan pada kaki Anda. Asam asetat dalam cuka bertindak sebagai exfoliant dan emolien, yang ideal untuk menghilangkan kulit mati dan melembutkan bintik-bintik keras seperti kapalan. (okezone.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.