Ladies, Ketahui 5 Penyebab Kulit Kering di Area Hidung

Kulit kering diarea hidung
Ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Bagi kecantikan wajah, hidung menjadi salah satu area yang biasanya kurang diperhatikan. Padahal, daerah ini menjadi tempat paling cepat berminyak. Kejadian ini berlaku bagi semua jenis kulit, entah berminyak, kombinasi maupun kering. Bahkan bagi kulit kering, foundation yang dipakai bisa jadi tidak akan rata di area hidung.

Oleh karena itu, bagi Anda yang mengalami area hidung kering sebaiknya Anda harus tahu dulu penyebabnya. Nah, ini beberapa penyebabnya. Apa saja?.

Berikut penjelasannya:

Menggunakan Skin Care yang Terlalu Keras
Kulit pada area hidung, sekitar mulut, dan mata merupakan area yang cukup sensitif. Karenanya, jika Anda menggunakan produk skin care dengan bahan yang terlalu keras atau cenderung drying, wajar kalau muncul dry patch di area tersebut. Saat terkena produk dengan kandungan yang keras, kulit kamu dapat ‘retak’ atau terlihat pecah-pecah.
Hal ini jadi salah satu indikasi kalau kulit kehilangan kelembapan, dan jika didiamkan saja akan menyebabkan kelembapan kulit menjadi kering dan flaky. Beberapa kandungan skin care yang perlu Anda perhatikan untuk dihindari dalam situasi ini adalah alkohol, benzoyl peroxide dan acid.

Terlalu Sering Melakukan Eksfoliasi
Melakukan eksfoliasi rutin memang esensial untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan mencerahkan kulit. Saat kulit Anda terasa kering dan teksturnya kasar, eksfoliasi pun mungkin akan menjadi hal pertama yang Anda pikirkan.
Mungkin Anda berpikir dengan eksfoliasi kulit kering akan terangkat dan kembali halus. Padahal, terlalu sering melakukan eksfoliasi malah akan merusak sel-sel kulit yang melindungi kelembapan kulit Anda, lho! Lebih baik batasi eksfoliasi maksimal 2-3 kali dalam seminggu saja, ya!

Baca Juga:  Berbahaya! Ini 4 Tanda Skincare Abal-abal

Aplikasi Produk yang Kurang Merata
Jika kulit kering Anda terdapat di sudut-sudut cuping hidung, hal ini mungkin disebabkan oleh aplikasi produk yang kurang merata. Tentu maksud kurang merata di sini bukanlah pemakaian pelembap yang melewatkan bagian hidung. Melainkan, pada saat Anda mengaplikasikan produk, seringkali produk ‘terkumpul’ di bagian sudut hidung yang memang agak menjorok. Jika Anda menggunakan produk dengan kandungan yang cukup keras dan tidak mengaplikasikannya hingga merata, produk akan terkumpul di area hidung dan membuatnya kering.

Terlalu Sering Menggosok Daerah Hidung
Hal ini nih yang sering Anda lakukan saat sedang flu, namun tanpa Anda sadari kebiasaan ini dapat menimbulkan kulit kering di sekitar hidung. Saat Anda flu, terutama pilek, Anda akan sering menggosok hidung untuk mengelap lendir atau yang kerap disebut ingus.

Baca Juga:  5 Bahan Alami yang Biasa Bikin Rambut Berkilau

Begitu pula saat hidung Anda tersumbat, pasti Anda akan langsung mengeluarkan ingus menggunakan tisu sambil menggosok hidung cukup keras. Dan hal ini akan Anda lakukan berkali-kali tanpa kembali melembapkan area hidung. Saat tisu tergesek pada kulit berkali-kali, gesekan tersebut akan menyebabkan lapisan pelindung kulit terganggu, sehingga kulit Anda pun menjadi kering.

Memiliki Kondisi atau Masalah Kulit
Beberapa gejala masalah kulit seperti eksim atau dermatitis adalah kulit kering, kemerahan, pecah-pecah, dan mengelupas. Hal ini paling sering terjadi pada area kulit yang sensitif seperti hidung maupun sekitar mulut. Jika penyebab kulit di sekitar area hidung Anda adalah karena kondisi kulit, umumnya Anda akan langsung menyadarinya. Karena gejala kondisi kulit ini kerap muncul di area kulit lainnya, seperti dahi maupun pada tubuh. (vemale.com/Desy)


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.