oleh

Lagi Diet Tapi Tetap Ingin Makan Nasi Padang? Ini 4 Caranya

PortalMadura.Com – Salah satu menu masakan yang sangat menggugah selera yaitu nasi Padang. Makanan khas Sumatra Barat ini banyak penggemarnya karena menyajikan berbagai macam lauk yang enak. Mulai dari rendang, gulai ayam, dendeng balado dan lain sebagainya.

Namun bagi Anda yang sedang diet, berbagai menu dalam nasi Padang hanya bisa menjadi mimpi untuk menikmatinya. Karena tentu bisa mengacaukan diet yang sedang Anda jalani.

Ternyata, meski sedang diet Anda bisa menikmati nasi Padang dengan catatan melakukan beberapan hal ini. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman liputan6.com, berikut, cara diet yang bisa tetap menikmati nasi Padang.

Pilih Lauk

Memilih lauk rendah kalori di restoran Padang memang tidak mudah. Biasanya ada menu rendah kalori, tapi sering tergoda untuk menyantap menu tinggi kalori. Ada beberapa lauk yang menggunakan daging ayam atau ikan yang bisa jadi pilihan.

Sebaiknya disarankan ayam bakar, ayam pop, atau ikan bakar. Menurutnya menu ini rendah kalori karena tidak menggunakan santan sebagai bahan utamanya dan sebaiknya pilih salah satu dari tiga menu tersebut sebagai menu utama.

Porsi Nasi

Salah satu ciri nasi Padang yaitu porsi nasinya yang besar terutama kalau belinya dibungkus. Porsi nasi yang diberikan bisa dua kali lipat. Tentu ini kurang cocok bagi Anda yang sedang diet. Sebaiknya makan setengah porsi saja.

Pilih Banyak Sayuran

Selain lauk berlemak seperti daging sapi, ayam dan ikan. Di restoran maupun rumah makan nasi Padang, biasanya juga ada aneka sayuran yang bisa Anda pilih. Contohnya sayur gulai nangka. Namun kalau Anda sedang diet, minta kepada pelayan untuk tidak menyertakan kuahnya.

Biasanya kuah sayur gulai nangka maupun gulai lainnya umumnya banyak menggunakan santan. Anda juga bisa menambahkan potongan timun dan daun singkong rebus. Untuk sayuran yang satu ini bisa minta lebih banyak, karena kalorinya termasuk rendah.

Kurangi Kuah

Makan nasi Padang rasanya kurang lengkap kalau tidak memakai sambal dan aneka kuah yang disajikan. Beberapa jenis kuah seperti gulai maupun asam pedas jadi salah satu kunci kenikmatan nasi Padang. Tapi sekali lagi, karena sedang berdiet, sebaiknya kurangi asupan kuah.

Anda bisa minta pada pelayan untuk menambahkan sedikit kuah atau bumbu rendang dan sedikit kuah gulai saja. Pastikan takaran ini benar-benar mengikuti ukuran sendok makan, bukan sendok sayur.

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber: Liputan6.com

Komentar