Lakukan 4 Hal Ini saat Bayi Tertidur Ketika Menyusu

Avatar of PortalMadura.com
Lakukan 4 Hal Ini saat Bayi Tertidur Ketika Menyusu
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Bayangkan seperti ini, Mama duduk nyaman di sofa dan si kecil dengan semangat menyusu. Tetapi, tidak lama kemudian hisapannya melambat dan tubuhnya rileks karena dia tertidur saat menyusu. Bahkan dengan posisi puting masih ada di dalam mulutnya.

Bayi, khususnya yang baru lahir, tertidur saat disusui karena perutnya kenyang. Selain itu, bayi juga bisa tertidur saat disusui ketika ASI tidak lancar. Jika ASI tidak lancar, maka bayi bisa berisiko kekurangan nutrisi.

Melansir dari fimela.com dikutip oleh momjunction.com, sistem saraf bayi menghentikan refleks menghisap saat bayi tertidur untuk mencegah tersedak. ASI mengalir dari payudara hanya ketika bayi menghisapnya.

Lalu, apa yang harus dilakukan ketika bayi yang disusui tertidur? Berikut ini ada berapa hal yang harus dilakukan saat bayi tertidur ketika Mama sedang menyusui.

Gosok Punggung Bayi
Ketika bayi tertidur ketika Mama sedang menyusuinya sebaiknya jangan langsung menarik puting Mama dari mulut bayi. Hal itu akan membuat bayi kaget bahkan terluka. Cobalah untuk perlahan menggosok-gosok punggung bayi sembari melepas puting kita dari mulutnya. Hindari menggosok perutnya karena berisiko membuatnya muntah.

Bantu Bayi Bersendawa
Bila tampaknya bayi belum kenyang, coba bantu ia bersendawa. Tepuk pelan punggungnya untuk membuatnya sendawa. Saat ia terbangun, Mama bisa lanjut menyusuinya.

Gelitiki Telapak Kakinya
Mama harus memastikan bayi dalam keadaan selalu terjaga saat menyusui. Untuk membangunkan bayi dan melanjutkan pemberian ASI, kita bisa menggelitiki telapak tangan atau telapak kakinya. Namun, pelan-pelan saja, jangan sampai malah membuatnya rewel.

Seka Wajahnya
Siapkan kain lembut yang dibasahi dengan sedikit air. Seka wajahnya dengan kain tersebut untuk membantunya terjaga.

Untuk mencegah bayi tertidur saat disusui, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Seperti mengelus-elus punggungnya, mengajak bayi terus bicara, menyusui bayi di tempat bercahaya terang, dan hindari menyusui bayi sambil berbaring. Semoga infonya bermanfaat, ya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.