Lakukan 4 Perawatan Wajah Ini Untuk Kecilkan Pori

Avatar of PortalMadura.com
Lakukan 4 Perawatan Wajah Ini Untuk Kecilkan Pori
ilustrasi

PortalMadura.Com – Kulit wajah yang memiliki pori besar memang kerap dialami mayoritas orang. Hal ini biasanya dipengaruhi oleh berbagai faktor, mulai dari genetik hingga jenis kulit setiap orang yang berbeda-beda. Terutama bagi tipe kulit yang berminyak, bisa membuat pori terlihat semakin besar.

Selain itu, elastisitas kulit dan menumpuknya debu di kelenjar kulit juga menjadi faktor lainnya penyebab pori tampak besar. Nah, pori di wajah yang terlihat sangat jelas tentu bisa mengganggu penampilan seseorang. Bahkan, bisa membuat kulit wajah tampak tidak rata, yang menjadi tempat tumbuhnya komedo dan jerawat.

Umumnya, kebanyakan kaum hawa menyamarkan pori tersebut dengan mengaplikasikan makeup yang tebal atau berat di wajah. Padahal, hal itu justru akan membuat pori semakin besar karena akan menyumbat minyak keluar sehingga menjadi komedo.

Baca Juga: Begini Cara Bikin 3 Masker Alami Untuk Kecilkan Pori Wajah

Maka dari itu, bila Anda ingin mengecilkan pori, Anda bisa mencoba melakukan beberapa perawatan kecantikan untuk mengatasinya. Apa saja?.

Berikut empat perawatan wajah yang dapat mengecilkan pori, seperti dikutip Liputan6.com dari American Academy of Dermatologyst:

Gunakan Produk yang Mengandung Retinol

Bagi Anda yang punya jenis kulit berminyak atau berjerawat ringan, Anda disarankan untuk menggunakan produk seperti serum yang mengandung retinol atau retinyl palmitate. Sebab, kandungan dalam produk tersebut bisa membantu kulit untuk memaksimalkan regenerasi sel kulit wajah. Jika lapisan kulit mati sudah dibersihkan dan terangkat, lapisan kulit baru akan menampilkan efek pori yang lebih kecil.

Tidak cuma serum, produk seperti krim malam juga ada yang mengandung retinol. Agar hasilnya lebih maksimal, aplikasikan produk-produk tersebut saat malam hari sebelum tidur. Jika kulit Anda sensitif, Anda bisa mencuci wajah terlebih dahulu kemudian tunggu 30 menit, baru aplikasikan produk mengandung retinol tersebut.

Gunakan Sunscreen Setiap Hari

Kegunaan tabir surya pada wajah tidak hanya berfungsi untuk menangkal jahatnya matahari, tetapi juga untuk menyamarkan pori yang besar. Pasalnya, produk yang mengandung sunscreen dapat menghalau sinar UV-A yang mengurangi elastisitas kulit.

Jika kulit Anda kerap terpapar sinar UV, sel-sel kulit akan lebih cepat mati. Saat terjadi demikian, proses regenerasi kulit juga akan terganggu sehingga membuat pori tampak semakin besar. Maka Anda perlu untuk mengaplikasikan sunscreen dengan SPF di atas 30 atau 50 setiap hari. Agar hasilnya lebih maksimal, tetap gunakan tabir surya ini dalam semua kondisi cuaca, termasuk saat hujan atau beraktivitas di dalam ruangan.

Exfoliate

Eksfoliasi dapat membantu mengangkat kotoran dan sel kulit mati di wajah. Jika wajah sudah bersih, pori-pori di wajah juga akan tersamarkan. Namun, Anda tidak boleh sembarangan dalam melakukan eksfoliasi ini dan hindari produk yang mengandung bahan kimia terlalu keras. Jangan menggosok wajah Anda terlalu keras juga agar tidak melukai lapisan kulit.

Anda bisa melakukan eksfoliasi sebanyak satu kali dalam seminggu. Jika wajah Anda sedang berjerawat atau memiliki luka, hindari langkah ini karena dapat melukai kondisi kulit dan memperburuk keadaan yang ada. Tetap gunakan pelembap setelah melakukan treatment ini agar kulit tetap terhidrasi.

Cuci Wajah Dua Kali Sehari

Mencuci wajah merupakan salah satu cara yang paling mudah dilakukan. Hal ini bertujuan untuk membersihkan kotoran dan sisa makeup yang tersumbat di pori setiap harinya. Jika dilakukan secara rutin, yakni dua kali sehari, kulit bersih dan ukuran pori yang tersamarkan bisa terlihat hasilnya.

Pencucian wajah secara rutin juga bisa mengurangi kadar minyak yang menjadi penyebab pori tampak besar. Beberapa cara yang bisa dilakukan dalam mencuci wajah adalah disarankan untuk menggunakan air dingin atau yang tidak terlalu panas. Air panas dapat membuka pori sehingga memberikan kesan lebih besar. Gunakan juga produk pencuci wajah yang ringan agar elastisitas kulit tetap terjaga.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.