Lakukan 5 Cara Malatih Anak agar Lancar Berbicara

Avatar of PortalMadura.com
Lakukan 5 Cara Malatih Anak agar Lancar Berbicara
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Cara paling efektif untuk menyampaikan informasi adalah dengan berbicara, begitu pula dengan anak-anak yang sedang berlatih untuk berbicara dengan orang lain seperti Ayah atau Mama. Umumnya anak usia 6 bulan sudah dapat berbicara walau belum mengucapkan suatu kata yang bermakna.

Jika hal ini terus dilatih maka anak akan cepat untuk mengikuti dan mengucapkan suatu kata yang tepat dan bermakna. Komunikasi adalah skill penting yang dibutuhkan setiap orang. Otomatis, anak-anak pun harus mempelajarinya agar tidak kesulitan saat memasuki dunia dewasa nanti.

Pada saat usia 12-18 bulan, anak-anak mulai memahami kata-kata yang ia ucapkan dan memiliki kosakata yang lebih banyak. Kemampuan ini pun terus berkembang dan pada usia 18-30 bulan, anak-anak sudah mampu berbicara dengan kalimat-kalimat sederhana.

Namun perlu diingat Ma, setiap anak memiliki tahap perkembangan bicara yang berbeda-beda. Oleh karena itu, sebaiknya Mama tidak memaksa anak untuk cepat lancar berbicara ya. Meski demikian, Mama bisa membantu anak dalam proses pembelajarannya. Bagaimanapun, peran orang tua sangat memengaruhi proses ini.

Melansir dari laman Popmama.com ada cara yang bisa Mama lakukan untuk membantu anak agar lebih lancar berbicara. Seperti apa, simak selengkapnya dibawah ini.

Sering Mengajak Anak Bicara
Selama masa bayi hingga balita, otak anak mengalami perkembangan yang pesat. Oleh karena itu, sering-seringlah mengajak anak bicara sejak usia dini. Mama bisa mulai dengan mengenalkan nama-nama benda yang anak pegang. Meski anak belum benar-benar memahaminya, kosakata tersebut akan terekam di otak anak.

Saat anak sudah lebih besar, intensitas komunikasi antara Mama dan anak pun harus lebih tinggi lagi. Banyak kasus anak mengalami keterlambatan bicara karena kurangnya komunikasi dan interaksi dengan orang tua.

Membacakan Buku Cerita
Lakukanlah dengan cara yang menyenangkan saat melatih anak agar lancar berbicara. Salah satunya dengan membacakan buku cerita pada anak. Tidak hanya memperkaya kosakata, kegiatan ini juga mengenalkan kalimat-kalimat utuh pada anak secara perlahan. Selain itu, membacakan buku cerita akan menjadi momen bonding antara Mama dan anak serta merangsang kegemaran anak terhadap buku.

Mengajak Anak Menyanyikan Lagu
Cara menyenangkan lain yang bisa dilakukan agar anak lebih lancar berbicara adalah dengan bernyanyi. Nyanyian akan memperkaya kosakata anak. Anak pun dapat berlatih bicara dengan cara menirukan nyanyian-nyanyian yang ia sukai. Saat ini, ada banyak lagu anak-anak dengan nada-nada yang menyenangkan.

Bahkan, lagu-lagu tersebut juga dilengkapi animasi lucu yang akan menarik perhatian anak. Yuk, ajak anak mendengarkan dan menyanyikan lagu-lagu ini, Ma! Agar lebih menyenangkan lagi, Mama juga bisa mengajak anak menari sambil menyanyi!

Mengajak Anak Bermain
Dunia anak tidak bisa lepas dari bermain. Kegiatan ini adalah kegiatan yang menyenangkan sekaligus edukatif untuk anak. Bermain juga bisa membantu anak agar lebih lancar berbicara lho, Ma. Mama bisa mengajaknya menebak nama-nama benda yang tergambar pada kartu untuk memperkaya kosakatanya.

Komunikasi yang Mama dan anak lakukan selama bermain juga akan meningkatkan kemampuan berbahasanya. Oleh karena itu, ajak anak bermain yuk, Ma! Kegiatan ini juga merupakan momen bonding yang penting lho!

Membatasi Penggunaan Gadget dan Televisi
Cobalah amati keseharian anak Mama, apakah sebagian besar waktunya dihabiskan dengan bermain gadget atau menonton televisi? Jika iya, sebaiknya Mama mulai membatasi durasi kegiatan tersebut. Pasalnya, kegiatan tersebut dapat memengaruhi proses belajar bicara anak. Beberapa anak bahkan mengalami keterlambatan bicara karena terlalu sering melakukan kegiatan tersebut.

Tidak heran, soalnya bermain gadget ataupun menonton televisi akan membuat anak lebih pasif. Anak pun akan lebih sedikit bicara karena terlalu fokus menatap layar di depannya.

Itulah beberapa cara-cara yang bisa Mama lakukan untuk membantu anak agar lebih lancar berbicara. Sederhana sekali kan, Ma? Kuncinya ada pada intensitas komunikasi antara Mama dan anak. Oleh karena itu, yuk ajak anak bicara setiap hari! Selamat mencoba.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.