Lakukan 5 Hal Ini Pada Orang yang Sakaratul Maut

Avatar of PortalMadura.Com
Lakukan 5 Hal Ini Pada Orang yang Sakaratul Maut
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Semua makhluk hidup pasti mati. Karena kematian pasti dialami manusia tanpa terkecuali. Kapan, dimana dan menimpa siapa itu merupakan misteri bagi semua makhluk hidup. Oleh karena itu, siapkan diri untuk menghadapi kematian dengan berbagai amal baik.

Namun, bagaimana jika Anda mendapati orang yang tengah ? Apa yang bisa Anda lakukan? Jangan khawatir berikut beberapa petunjuk yang bisa Anda lakukan jika menemui hal itu:

Membimbing Membaca Kalimat Tauhid
Saat berhadapan dengan orang yang sedang menghadapi kematian, kita diperintahkan untuk menuntunnya membacakan kalimat tauhid La Ilaha Illallah, tidak ada Tuhan selain Allah.

Dalam salah satu hadis, Rasulullah saw. bersabda: “Barangsiapa yang akhir ucapannya adalah kalimat ‘La Ilaha Illallah' maka dia akan masuk surga.” (H.R. Abu Dawud).

Memejamkan Matanya dan Berdoa
Setelah jelas orang tersebut meninggal dunia, hendaknya Anda memejamkan kedua matanya dan mendoakan kebaikan baginya seperti yang dicontohkan Rasulullah saw.

Ketika Abu Salamah meninggal dunia dan matanya terbuka. Nabi lalu memejamkan kedua matanya seraya berkata, “Sesungguhnya ruh itu jika dicabut diikuti oleh mata.” Kemudian beliau berdoa “Ya Allah ampunilah Abu Salamah, angkatlah derajatnya di golongan orang-orang yang mendapat petunjuk, berilah pengganti yang baik di keturunannya, ampunilah kami dan dia wahai rabb semesta alam, lapangkanlah baginya dikuburnya, dan terangilah dia di dalamnya.” (H.R. Muslim).

Meletakan Jenazah Menghadap Kiblat
Sesuai dengan contoh yang diajarkan oleh Rasulullah saw., jenazah diletakkan menghadap ke arah kiblat. Sebagaimana dalam hadis yang diriwayatkan oleh Hakim dan Baihaqi disebutkan bahwa sesungguhnya Barra bin Ma'rurr pernah berwasiat meminta dihadapkan ke arah kiblat jika datang ajalnya, sebab Rasulullah saw. pernah bersabda: “Hal yang seperti itu sesuai dengan fitrah.”

Menutupi Jenazah dengan Kain
Mayat harus ditutup dengan menggunakan kain yang ukurannya bisa menutupi sekujur tubuhnya. Hal ini dipertegas dengan hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dalam sahihnya (3/113/1241) dan Muslim dalam sahihnya (2/651/942), “Dari Aisyah bahwasanya Rasulullah ketika meninggal dunia ditutupi dengan selimut yang bercorak garis-garis.”

Menyegerakan Pengurusan Jenazah
Umat Islam diperintahkan untuk segera melaksanakan pengurusan jenazah yaitu memandikan, mengkafani, menyolatkan, dan menguburkan. Dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim disebutkan bahwasanya Nabi saw. bersabda: “Bersegeralah di dalam mengurus jenazah, jika dia orang yang salih maka berarti kebaikan yang akan kalian segerakan baginya, dan jika tidak seperti itu maka berarti kejelekan yang segera kalian letakkan dari tanggung jawab kalian.” (H.R. Bukhari dan Muslim). (islampos.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.