Lakukan 5 Tips Jitu Ini Untuk Hilangkan Komedo di Wajah

Avatar of PortalMadura.Com
Lakukan 5 Tips Jitu Ini Untuk Hilangkan Komedo di Wajah
Lakukan 5 Tips Jitu Ini Untuk Hilangkan Komedo di Wajah

PortalMadura.Com – Masalah kulit yang biasanya jadi musuh kaum hawa selain jerawat yaitu . Sebenarnya komedo merupakan tumpukan sel kulit mati, kotoran, dan bakteri yang tersumbat di pori-pori.

Saat ‘sumbatan' ini terdorong keluar ke permukaan kulit, lalu terjadi kontak dengan udara, sumbatan ini akan teroksidasi dan berubah menjadi kehitaman.

Tahukah Anda ternyata komedo sangat lengket di pori-pori. Oleh karena itu, sering kali Anda mengalami kesulitan saat membersihkan komedo.

Tips Hilangkan Komedo di

Nah agar tidak susah menghilangkan komedo dari wajah Anda, lakukan beberapa cara berikut ini:

Esktraksi

Cara untuk mengusir komedo membandel yang paling sering dilakukan adalah mengekstrasinya secara langsung. Untuk mengeluarkan komedo yang terdapat di pori-pori, Anda bisa menggunakan alat ekstraksi khusus untuk komedo yang biasanya terbuat dari stainless steel.

Meskipun cara ini tergolong mudah dan cepat, Anda perlu berhati-hati dalam menjaga kebersihan alat ektraksi serta jari Anda.

Sebab, jika alat ekstraksi tidak disetrilkan terlebih dahulu atau Anda memencet komedo dengan jari yang kotor, bisa-bisa komedo Anda malah bertambah diikuti dengan hadirnya jerawat, lho! Untuk mempermudah proses ekstraksi, Anda bisa menguapkan wajah dengan air panas terlebih dulu.

Chemical Exfoliation

Jika Anda tidak kuat menahan rasa sakit saat proses ekstraksi komedo, chemical exfoliation atau chemical peeling bisa menjadi pilhan Anda.

Kandungan AHA dan BHA seperti glycolic acid yang kerap ditemukan dalam produk eksfoliasi dapat melepaskan sel-sel kulit mati, serta komedo yang terdapat pada pori-pori dan mengeksfoliasi lapisan terluar kulit secara gentle.

Selain ketiga kandungan tersebut, salicylic acid juga bisa membantu mengatasi komedo. Salicylic acid merupakan satu-satunya acid yang dapat menembus minyak, sehingga mampu membersihkan pori-pori hingga ke dalamnya dan membantu mengeluarkan komedo.

Physical Exfoliation

Selain proses eksfoliasi secara kimiawi, Anda juga bisa mengurangi komedo dengan melakukan eksfoliasi secara fisik. Nah, untuk eksfoliasi secara fisik, terdapat beberapa cara yang dapat Anda pilih.

Mulai dari menggunakan produk dengan butiran scrub, menggunakan konjac sponge, hingga menggunakan facial cleansing brush yang mampu membersihkan kulit secara menyeluruh.

Namun, betapapun gemasnya Anda pada komedo, jangan sampai berlebihan melakukan eksfoliasi atau over-exfoliate yang dapat menyebabkan munculnya masalah-masalah kulit baru, ya! Cukup lakukan eksfoliasi selama 1-2 kali dalam seminggu, lalu selingi dengan cara lain untuk menghilangkan komedo seperti…

Menggunakan Clarifying atau Pore Cleansing Mask

Jika Anda merupakan penggemar beauty influencer Suhay Salim, tentu Anda sudah pernah mendengar bahwa ia memiliki skin care routine menggunakan mud mask secara rutin untuk membersihkan kulitnya secara mendalam.

Beberapa jenis masker seperti clay mask, mud mask, serta charcoal mask memang berkhasiat membersihkan pori-pori hingga menyeluruh, dan mengangkat minyak, kotoran, maupun sel kulit mati, yang terdapat pada wajah.

Beberapa masker juga mengandung sulfur yang mampu bekerja menghancurkan sel kulit mati yang menyebabkan komedo. Apapun masker pilihan Anda, jika ingin mendapatkan efek membersihkan yang maksimal pastikan untuk menggunakannya secara rutin, ya!

Baca Juga: Inilah 7 Cara Memutihkan Kulit Wajah dengan Cepat dan Alami

Perawatan di Klinik Kecantikan

Jika Anda sudah benar-benar sebal dengan kehadiran komedo, sedangkan berbagai cara sudah Anda lakukan dan tidak berhasil, mungkin ini waktunya Anda meminta bantuan profesional.

Alih-alih mencoba tips dan trik menghilangkan komedo yang belum diketahui kebenarannya, tentu akan lebih aman dan efektif jika Anda langsung berkonsultasi dengan dermatologis atau ahli kulit, dong?.

Beberapa treatment yang biasanya ditawarkan untuk mengatasi komedo diataranya adalah facial dengan proses ekstraksi, microdermabrasion, atau chemical peeling.

Selain mencoba berbagai cara di atas, Anda juga bisa mengurangi risiko munculnya komedo maupun mencegah komedo datang lagi.

Caranya adalah dengan memilih produk yang noncomedogenic. Noncomedogenic berarti produk tersebut tidak mengandung bahan yang dapat menyebabkan komedo maupun menyumbat pori-pori. Jadi, pilih produk Anda dengan seksama, ya!

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon
Penulis: Muhammad ZakariyaEditor: Putri Kuzaifah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.