oleh

Lakukan 6 Amalan Ini untuk Tenangkan Hati Anda

PortalMadura.Com – Perasaan sedih, marah, dan gelisah seringkali di alami oleh manusia. Perasaan ini sangat wajar dialami oleh setiap orang, karena setiap orang akan mengalami permasalahan yang dapat membolak-balikkan hati dan perasaan.

Bukan hanya manusia yang mengalami kesedihan, tapi Nabi Muhammad juga pernah mengalami kesedihan yang mendalam pada masa ‘amul huzni (tahun duka cita), yaitu ketika beliau ditinggal wafat oleh pamannya Abu Thalib dan sang istri tercinta, Khadijah binti Khuwailid.

iklan pilbup

Walaupun Anda sedih, Allah tidak akan meninggalkan hambaNya sendirian. Allah SWT berfirman dalam surat At-Taubah ayat 40:

“Janganlah engkau bersedih, sesungguhnya Allah bersama kami” (QS. At Taubah: 40)

Bagi Anda yang mengalami perasaan sedih, resah, dan kebingungan. Sebaiknya amalkan enam cara ini untuk menenangkan hati Anda dilansir dari laman Dalamislam.com, Senin (20/7/2020).

Perbanyak Zikir

Memperbanyak zikir kepada Allah, dapat mengobati hati yang sedih dan bimbang. Jangan sampai hati menjadi kosong, sebab ketika hati terasa kosong maka iblis akan merasuk kedalamnya membisikkan hal-hal buruk dan membuat diri semakin bersedih. Allah SWT berfirman dalam surat Ar Ra’du ayat 28:

“Orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.”

Dengan memperbanyak amalan dzikir, bertasbih (menyebut nama-nama Allah) secara terus-menerus di waktu pagi dan petang maka hati menjadi sejuk, damai dan kita akan memperoleh ketentraman yang hakiki. Sebagaimana firmannya dalam surat Thaa-Haa ayat 130 :

“Dan bertasbihlah dengan memuji Rabbmu, sebelum terbit matahari dan sebelum terbenamnya dan bertasbih pulalah pada waktu-waktu di malam hari dan pada waktu-waktu di siang hari, supaya kamu merasa senang.” (Thaa-Haa: 130).

Berwudu dan Salat

Berwudu dapat menenangkan hati Anda yang penuh dengan amarah dan kesedihan. Bukan hanya untuk mensucikan diri dari najis dan hadas. Namun disaat sedih dan gelisah, dianjurkan untuk berwudu sehingga dosa-dosa akan luntur dan jiwa lebih tenang. Sebab Allah SWT menyukai orang-orang yang mensucikan diri (berwudu), sebagaimana firmnan-Nya:

“Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.” (QS. Al-Baqarah: 222)

Setelah Anda berwudu, disarankan untuk melakukan salat dengan khusuk dan tidak tergesa-gesa untuk mendapatkan ketenangan hati yang ingin dicapai.

Membaca Alquran

Membaca Alquran dapat menjadi penenang hati. Bagi Anda yang senantiasa membaca Alquran, niscaya jiwanya akan tentram.

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yang apabila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka dan apabila dibacakan kepada mereka ayat-ayat-Nya, bertambahlah iman mereka (karenanya) dan kepada Tuhanlah mereka bertawakkal”. (QS. Al Anfal : 2)

Sabar dan Ikhlas

Memiliki dua sikap ini akan membuat Anda tenang dalam menghadapi persoalan kehidupan. Sesungguhnya musibah, kemiskinan, serta penyakit yang datang pada diri kita adalah ujian dari Allah SWT. Barang siapa mampu bersabar dan menerimanya dengan ikhlas, maka Allah akan memberikan ketentraman di hatinya. Rasa sabar itu akan menjadi ladang pahala dan kebahagian bagi mereka. Sebagaimana firmannya dalam surat Al-Baqarah ayat 155-157:

“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun. Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS. Al-Baqarah: 155-157).

Berprasangka Baik pada Allah

Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda, Allah berfirman “Aku (Allah) sesuai dengan persangkaan hamba pada-Ku. (Muttafaqun ‘alaih)” Hadis ini mengajarkan kepada setiap muslim untuk selalu berprasangka baik (huznuzhon) dan berharap kepada Allah SWT.

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS. al-Baqarah: 186)

Berprasangka baiklah pada Allah, dan yakin bahwa doa Anda akan dikabulkan olehNya.

Bersyukur

Jika Anda selalu bersyukur akan menambah kenikmatan dalam diri Anda. Nimat yang bisa Anda rasakan adalah nikmat harta, kesehatan dan ketenangan jiwa.

Allah SWT berfirman: “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS. Ibrahim: 7)

Inilah enam amalan yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan ketenangan hati. Wallahua’lam

Rewriter : Lisa Mana L
Sumber : Dalamislam.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar