Lakukan 8 Cara agar Kamar Mandi Aman untuk Anak Anda

Avatar of PortalMadura.com
Lakukan 8 Cara agar Kamar Mandi Aman untuk Anak Anda
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Kamar mandi adalah ruangan yang berbahaya bagi anak selain dapur dan garasi. Beberapa elemen di ruangan ini berpotensi mencelakai anak jika dibiarkan tanpa pengawasan orang tua. Saat mendesain kamar mandi, sebaiknya jangan hanya estetika yang Mama perhatikan, keselamatan dan kenyamanan anak justru jadi faktor utama.

Anak-anak pada masa pertumbuhan sangat aktif bergerak, begitu juga saat mandi. Mereka mungkin akan menari, turun dari bathtub sambil melompat dan kemudian berlari. Duh, ngeri ya Ma, takut mereka terpeleset dan terbentur. Oleh karenanya, berikut hal-hal yang perlu dilakukan agar kamar mandi aman untuk Anak, seperti yang dilansir fimela.com dikutip dari healthychildren.org.

Pengawasan
Jangan tinggalkan anak sendiri di kamar mandi, sebab anak bisa terpeleset, terkontaminasi dengan produk mandi, hingga berpotensi tenggelam. Jika orang tua ada keperluan mendesak seperti telepon, ada baiknya balut anak dengan handuk dan bawa anak keluar kamar mandi.

Penutup Keran Air dan Pintu Kamar Mandi
Letakan penutup yang empuk atau knop di atas keran air. Biasakan menutup kamar mandi atau buatlah pengait kunci dan gagang pintu yang sulit dijangkau anak.

Lantai Tidak Licin
Usahakan untuk membuat kamar mandi tetap kering, agar anak tidak terpeleset. Gunakan keramik kasar agar tidak mudah licin atau karpet anti selip di bagian yang sering basah. Dan jangan lupa untuk selalu membersihkan kamar mandi.

Kloset
Kloset duduk atau kloset jongkok ada baiknya untuk menggunakan tutup, agar anak tidak terpelesat ke dalam.

Suhu Air
Anak-anak pasti memiliki rasa penasaran yang tinggi, ada baiknya jika menggunakan shower untuk mengatur suhu air agar jika anak tidak sengaja membuka air, ia tidak kepanasan. Atur water heater 48 derajat Celsius. Tes air dengan pergelangan tangan atau siku untuk memastikan rasanya hangat, tidak panas.

Menyimpan Perlengkapan Mandi
Jangan menyimpan pasta gigi, sabun, sampo, dan barang lain yang sering digunakan di kabinet yang sama. Sebagai gantinya, simpanlah dalam kabinet yang sulit dijangkau yang dilengkapi dengan kait pengaman atau kunci pengaman.

Peralatan Listrik
Jika menggunakan peralatan listrik di kamar mandi, terutama pengering rambut dan pisau cukur, pastikan untuk mencabutnya dan menyimpannya di lemari dengan kunci pengaman saat tidak digunakan. Lebih baik menggunakannya di ruangan lain di mana tidak ada air.

Hindari Pemakaian Sudut-sudut Lancip
Jangan menggunakan sudut lancip pada bath-up atau bak mandi yang dapat membahayakan anak.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.