oleh

Langka dan Unik, Lomba Seni Suara Burung Puter Pelung

Video

PortalMadura.Com, Sumenep – Lomba seni suara alam burung puter pelung (burung puter) akan digelar di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, pada Minggu (16/2/2020).

Dijadwalkan akan dimulai pada pukul 09.00 WIB di Lapangan Kartini Grup, Sumenep. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Pengcab Persatuan Penggemar dan Pelestari Puter Seluruh Indonesia (P4SI) Sumenep.

“Lomba seni suara burung puter ini sudah ketiga kalinya kami gelar. Memang unik dan langka,” terang Ketua Pengcab Persatuan Penggemar dan Pelestari Puter Seluruh Indonesia, Kabupaten Sumenep, Decky, pada PortalMadura.Com, Rabu (12/2/2020).

Ratusan pemilik burung puter dari berbagai daerah di Indonesia akan ambil bagian pada lomba tersebut. Seperti dari Yogyakarta, Gresik, Jombang, Surabaya dan Madiun.

“Pecinta dan pemilik burung puter untuk wilayah Madura sudah banyak yang mendaftar,” jelasnya.

Pihak panitia membagi tiga kelas lomba, yakni kelas utama A, kelas utama B dan madya. “Kejuaraan ini, dari satu sampai lima mendapatkan piagam plus trofi dan uang pembinaan,” katanya.

Sedangkan juara enam sampai sepuluh disediakan piala dan dari 11 sampai 15 berupa trofi. Selain itu, ada doorprize utama (satu buah cincin berlian dua gram lebih).

Doorprize lain, ada sangkar burung, reskuker, kompor gas, kipas angin, payung dan puluhan jam dinding,” sebutnya.

Decky menyampaikan, pada pembukaan lomba seni suara alam burung puter tersebut akan dibuka oleh Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi.

“Semoga tidak ada halangan. Beliau (Achmad Fauzi, red) sudah menjadwalkan hadir dan membuka,” katanya.

Sementara, Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, menyampaikan apresiasi kepada komunitas pecinta burung puter di Sumenep.

“Ini bagus karena berdampak positif pada perekonomian warga Sumenep dan ikut membantu mempromosikan wisata,” katanya.

Adanya komunitas pecinta burung puter juga akan menyelamatkan burung puter dari kepunahan. “Dan insya Allah saya hadir,” pungkasnya.

Umumnya, masyarakat Indonesia sangat mengenal dengan jenis burung yang satu ini.

Burung anggungan dengan ciri khas berkalung di lehernya dan memiliki suara indah, merdu dan mengalun hampir setiap waktu.

Dengan nama ilmiah Streptopelia Risoria, burung ini mudah dipelihara dan ditangkar karena sifatnya yang jinak, mudah beradaptasi dan pandai dalam membesarkan anakannya.(*)

Penulis : Hartono
Editor : Hartono
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE