oleh

Lebih Sehat Mana, Buah Dimakan Langsung atau Dibikin Jus?

PortalMadura.Com – Banyak orang yang sudah tahu bahwa buah merupakan makanan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Bahkan, dalam kesehariannya semua orang disarankan untuk mengonsumsinya untuk memenuhi nutrisi dan vitamin dalam tubuh.

Sebagaimana yang disampaikan oleh pakar nutrisi bahwa kebutuhan sayur dan buah untuk anak-anak sekitar 300 gram per hari dan dewasa satu setengah sampai dua kali lipatnya atau sekitar 600-800 gram.

Berbicara mengenai nutrisi, sampai saat ini masih banyak orang yang berdebat mengenai cara untuk mengonsumsi buah. Ada yang menyarankan untuk dimakan langsung lantaran sehat, tapi tidak sedikit juga yang lebih suka jika di jus.

Lantas, mana yang benar?. Untuk mengetahui kejelasannya, baca uraian berikut ini:

“Buah dan sayur sebenarnya memang lebih baik di kunyah atau dikonsumsi langsung. Tapi kan sekarang orang kecenderungannya malas. Nggak makan buah kalau belum di kupas atau dipotong. Tidak mau ribet,” kata ahli nutrisi, Jansen Ongko.

Jansen menambahkan, minum jus pun sama baiknya jika yang dikonsumsi tetap mempertahankan rasa, tekstur dan nutrisi dari buah dan sayur. Minum jus yang berisi kombinasi jus dan buah memiliki keunggulan tersendiri sebab gizi akan lebih beragam dibandingkan dengan makan satu jenis buah atau sayur.

“Jadi biar lebih simpel makanya dibikin jus biar nutrisi dan vitamin tetap terpenuhi. Konsumsi jus, selain bermanfaat sebagai asupan vitamin dan mineral juga akan memberi tambahan serat,” jelasnya.

Tubuh manusia memerlukan vitamin, mineral dan zat gizi lainnya yang bersumber dari buah dan sayur. Jadi, apapun bentuknya, tetap dianjurkan untuk makan buah dan sayur setiap hari. (detik.com/Putri)


Tirto.ID
Loading...

Komentar